Cara Efektif Tenangkan Bayi Menangis

Mendengar bayi Anda terus menangis tanpa henti tentu membuat Anda menjadi panik dan tertekan. Dengan mengetahui penyebab tangisan tersebut tentu dapat sedikit meredakan kecemasan Anda. Selain itu akan lebih mudah mencari tahu bagaimana menenangkan bayi Anda disaat Anda tahu yang menjadi penyebabnya menangis.

f 38

Mengapa bayi menangis? Karena memang menangis adalah satu-satunya komunikasi untuk menyampaikan bahwa mereka sedang dalam keadaan tidak nyaman misal lapar, pakaian yang tidak nyaman, atau mereka tidak suka untuk duduk di kursi makan.

Yang perlu Anda tekankan adalah bahwa bayi menangis karena memang itulah yang ia bisa, bukan berarti lantas menjadi kesalahan Anda sebagai seorang ibu.

Untuk itu sangat penting dalam mengetahui cara yang efektif untuk menenangkan bayi Anda yang menangis. Berikut adalah cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk menenangkan bayi Anda saat menangis:

1. Bedong

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menenangkan bayi saat menangis adalah dengan membedong. Berada didalam kepompong selimut menjadikan bayi Anda tidak mudah berkedut dan membantu untuk tertidur.

2. Berbisik

Selain itu cara lainnya adalah dengan berbisik. Membisikkan suara “Sshhh” bisa menenangkan bayi And ayang baru lahir. Karena suara bisikan tersebut mirip dengan desingan yang melingkupinya pada saat di dalam rahim.

Jangan ragu pula untuk bebricara pada anak ANda dengan anda yang tenang, karena sebuah penelitian menunjukkan bahwa suara ibu adalah yang paling efektif untuk menenangkan bayi.

3. Mengisap

Tidak hanya itu saja, cara lainnya adalah dengan mengisap. Mengisap dot ataupun jari dapat memberikan relaksasi yang baik untuk bayi Anda. Pastikan cara ini Anda berikan pada saat terakhir.

Karena memberikan dot sebagai cara pertama bukanlah cara yang terbaik untuk dilakukan dalam menenangkan bayi ANda dan mencari tahu penyebab apa yang mengganggunya.

4. Sentuhan

Bila Anda masih kerepotan dengan bayi Anda yang juga belum mau berhenti menangis. Cobalah memberi sentuhan terhadap bayi Anda. Dengan sentuhan dapat menstimulasi reseptor perasan nyaman pada otak bayi.

Selain itu penelitian juga mengungkapkan bahwa sentuhan lembut ke seluruh tubuh bayi juga jauh lebih efektif dibandingkan hanya dengan sentuhan pendek yang dilakukan dengan gerakan cepat. Berikan pula sentuhan pada pipi, punggung, kaki, dan juga perut bayi Anda.

Baca Artikel Lainnya :

5. Tetaplah tenang

Bila Anda stress dan tegang bayi juga dapat merasakn ketegangan Anda dan cenderung bereaksi terhadap hal tersebut. Jadi pastikan Anda tetap tenang dan jangan sampai tangisannya menjadikan Anda tegang dan stress atau frustrasi. Karena hal ini juga akan berakibat semakin memburuknya tangisan bayi Anda.

Bagaimana moms, sekarang sudah tahu kana pa saja cara efektif yang bisa Anda lakukan untuk menenangkan bayi di saat menangis? Semoga bermanfaat.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *