Cara Hebat Menanam Tanaman Hias Daun Kadaka

Cara Hebat Menanam Tanaman Hias Daun Kadaka – Kadaka merupakan salah satu jenis tanaman hias yang cukup populer di Indonesia. Tanaman yang memiliki nama lain sarang burung ini sebenarnya merupakan jenis tanaman paku pakuan yang banyak ditemui di tempat-tempat yang lembab.

Untitled

Biasanya kita akan menjumpai banyak tanaman ini di pegunungan yang memiliki suhu dingin. Tampilannya yang cantik dengan daun lebar mengkilat seperti dilapisi lilin menjadikan daya tarik tersediri. Tak heran banyak orang yang kepincut dengan kecantikan tanaman yang satu ini dan menjadikannya sebagai tanaman hias.

Tanaman yang satu ini biasanya hidup menempel pada batang maupun tembok sehingga terlihat unik dan menunjukkan kesan sejuk. Hal tersebut menyebabkan banyak orang yang meletakkan tanaman hias ini di halaman rumah untuk dijadikan aksen penghias rumah.

Selain dapat tumbuh menempel di batang pohon dan tembok, tanaman yang satu ini juga bisa ditanam di media pot. Jika ditanam di media pot maka daunnya akan tumbuh menjulur ke segala arah menyerupai tanaman hias gelombang cinta.

Namun yang harus diperhatikan saat anda ingin menanam tanaman kadaka ini di sekitar rumah adalah memperhatikan penempatannya. Pasalnya kadaka banyak mengeluarkan serbuk spora yang dapat mengganggu orang yang punya masalah dengan pernafasan.

Untuk melakukan budidaya tanaman yang memiliki bunga cantik ini terbilang cukup mudah. Bibit dari kadaka bisa didapat dari spora yang dihasilkan. Caranya adalah dengan mengumpulkan daun yang sudah masak sporanya, biasanya berwarna coklat. Selanjutnya masukkan daun tersebut ke kantong plastik.

Dalam kantong plastik tersebut spora spora kadaka akan terlepas dan berkumpul menjadi satu. Spora tersebut lah yang akan dijaikan cikal bakal dari tanaman kadaka atau sarang burung. Jangan lupa siapkan media tanam untuk menanam spora tersebut.

Media tanam yang biasa digunakan untuk menanam spora kadaka adalah moss. Siapkan wadah yang berisi moss yang sudah diberi ventilasi udara secara cukup. Jangan lupa siapkan tutup wadah. Sebelum spora ditabur sebaiknya basahi dulu media sampai lembab, setelah itu taburkan spora secara merata pada media tadi.

Jangan lupa tutup wadah menggunakan plastik agar tetap lembab. Untuk penyiramannya bisa dibantu dengan menguunakan spayer halus. Diamkan selama beberapa hari maka spora spora tersebut akan berubah menjadi kecambah.

Setelah media tanam terlihat sesak karena kecambah yang banyak tumbuh, bisa langsung dipindahkan ke media tanam individu atau pot. Media tanam yang digunakan bisa berupa arang, cacahan pakis, dan sabut kelapa.

Untuk merawat tanaman kadaka terbilang cukup mudah, hanya perlu memperhatikan penempatan tanaman. Tanaman sebaiknya ditempatkan di tempat yang teduh dan lembab agar dapat hidup dengan baik. Jaga kelembabannya dengan cara melakukan penyiraman secara rutin.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *