Cara Jepang Pikat Wisatawan Muslim Dengan Menyuguhkan Wisata Halal

Cara Jepang Pikat Wisatawan Muslim Dengan Menyuguhkan Wisata Halal – Jepang saat ini sedang berusaha keras untuk ‘mencontek’ negara – negara non Muslim lain tentang bagaimana cara mereka memikat kalangan wisatawan asing Muslim lewat objek wisata halal.

Beragam fasilitas beribadah telah disiapkan, mulai dari bandara sampai kepada destinasi wisata.

kuliner

Jokowarino.iD sendiri berpendapat bahwa dengan adanya mushala kecil di masing-masing bandara Narita atau bandara Haneda, di Jepang, menandakan kepedulian pemerintah Jepang terhadap kesejahteraan turis asing Muslim yang berkunjung ke negaranya.

1). Tempura

Tempura merupakan makanan favorit kaula muda di Jepang hingga turis mancanegara, apapun bahan dasarnya jika dikombinasikan dengan tempura maka akan mampu menaikkan nafsu makan si penikmat.

Tempura adalah makanan sejenis seafood yang dibalur tepung berempah untuk nanti digoreng garing,  biasanya bahan yang digunakan adalah udang atau ikan laut dan cara penyajiannya adalah dicelup ke dalam saus spesial. Rasa sajian ini gurih dan lezat.

Komposisi dari tempura adalah dari bahan seafood seperti udang, cumi, atau daun green bell, terong, ubi , kentang, wortel, jamur, shisho ( perilla ) dan labu jepang.

Dimana anda bisa menemukan tempura? Pada restoran Jepang atau kafe makanan ringan di jalan – jalan tikus kota Nara di Jepang.

2). Onigiri

Onigiri adalah makanan khas orang Jepang yang paling banyak diminati di Indonesia dan sering dikonsumsi sehari-hari oleh masyarakat Indonesia seperti halnya mereka makan sajian Nusantara untuk santap di rumah.

Terbuat dari nasi kepal beras ketan yang diberi garam dan susu serta keju sehingga rasanya gurih, hampir setiap orang yang baru pertama kali mencicipi sajian ini akan langsung cocok dengan rasanya sehingga mereka akan ketagihan untuk mencoba makan onigiri, di Indonesia, sajian ini selain diberi garam, susu atau keju, juga kerap diolah seperti nasi campur khas orang Indonesia.

Komposisi dari onigiri yaitu nasi pulen / ketan, rumput laut, garam, umeboshi, dan salmon. Dimana anda bisa mendapatkan masakan onigiri ? Pada supermarket, restoran Jepang, dan toko waralaba.

3). Yakitori

Bagi penyuka sajian berupa sate ayam, jika jalan-jalan ke Jepang maka anda harus mencoba menu makan khas Jepang yang satu ini, yakitori adalah sate ayam versi Jepang, masakan simpel ini cocok buat anda yang suka ngemil sambil jalan-jalan menikmati pesona alam kota-kota Jepang yang sangat bersih sambil menunggu acara makan malam besar.

Penyajiannya sangat sederhana yaitu diberikan soas pedas manis khas soas Jepang lalu langsung dimakan. Rasanya gurih, dijamin anda pasti suka.

Komposisi dari masakan yakitori adalah daging ayam dan sayuran seperti wortel, kentang, brokoli, atau buah-buahan segar semacam stroberi dan apel. Dimana anda bisa menemukan yakitori ? Pada restoran Jepang, supermarket Jepang dan toko waralaba.

Beberapa komentar para turis Muslim yang berkunjung ke Jepang mengatakan bahwa, meskipun makanan Jepang yang halal rata-rata tidak berbahan baku dari daging dan minyak babi.

Tetapi anda harus tetap berhati-hati karena di sana banyak sekali pengolahan bahan baku masakan yang ternyata dicampur dengan bahan penyedap bernama mirin (mengandung alkohol ) dan kuah yang banyak mengandung kaldu dari tulang lunak babi sehingga citarasanya sangat lezat, jadi jika anda masih ragu-ragu menyantapnya.

Baca Artikel Lainnya :

Maka disarankan untuk bertanya langsung dengan pelayan restoran atau minta tour guide anda untuk mencari restoran yang berlabel halal di Jepang agar anda bisa nyaman menikmati wisata kuliner di sana.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *