Cara Melestarikan Budaya Indonesia

Melestarikan Budaya Indonesia – Indonesia merupakan suatu negara dengan berbagai bangsa, budaya, bahasa yang tersebar diselurruh wilayang Indonesia mulai dari Sabang hingga Merauke. Selain itu Indonesia mempunyai banyak pulai yang tersebar sehingga suku bangsa pun juga sangat banyak ditemui.

Untitled

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin modern sehingga sangat banyak budaya baru yang masuk ke Indonesia. Salah satunya adalah budaya barat yang saat ini mendominasi. Dengan masuknya budaya asing yang tidak disaring oleh masyarakatnya menimbulkan berbagai dampak yang negatif sehingga banyak budaya Indonesia yang luntur bahkan hampir punah.

Dengan demikian maka upaya untuk melestarikan budaya Indonesia sangat diperlukan. Upaya tersebut bisa kita lakukan salah satunya melalui media sosial. Kenapa memilih media sosial? Karena menurut saya merupakan sesuatu yang paling strategis.

Sekarang ini banyak sekali orang bahkan hampir semua punya akun media sosial mulai dari, facebook, Blacberry Messanger, Line, Twitter, Instagram dan lain-lain masih banyak lagi. Sehingga melalui beberapa media sosial yang ada bisa dimanfaatkan untuk mempertahankan buda Indonesia agar tetap lestari meskipun banyak budaya asing yang masuk.

Dalam melestarikan budaya Indonesia diharapkan pemerintah ikut terjun dalam upaya tersebut. Sebb peran pemerintah disini sangat penting. Misalnya melakukan kegiatan festival budaya setiap tahunnya.

Tidak hanya itu, pelu pula usaha dalam memberikan sebagian kebutuhan dana bagi masyarakat yang ingin mengikutinya. Dengan demikian akan membuat masyarakat semangat dalam mengikuti kegiatan tersebut. Salah satu program pemerintah yang sangat bermanfaat adalah menetapkan hari batik nasional serta mewajibkan seluruh PNS untuk mengenakan baju batik pada salah satu hari kerjanya.

Baca Artikel Lainnya :

Melalui sejumlah upaya yang dilakukan tersebut batik menjadi terangkat dimata masyarakat bahakan dimata dunia. Tidak hanya itu Mahasiswa pun juga mempunyai peran yang sangat penting sebagai generasi muda untuk melestarikan budaya yang ada.

Karena kebanyakan generasi muda kita malu mengakui kebudaannya sendiri sehingga hal itu harus segera dijauhkan. Peran Mahasiswa misalnya selalu ikut serta secara aktiv dalam kegiatan pelestarian budaya Indonesia. Melauli kegiatan menari tradisional, dan bahkan kesenian-kesenian lain di daerah.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “Cara Melestarikan Budaya Indonesia

  1. Putu Pirnadi

    Saya sepakat bahwa penting sekali bagi bangsa Indonesia untuk memelihara atau melestarikan budayanya. Tapi, seperti yang diungkapkan oleh Ki Hajar Dewantara, melestarikan tidak cukup hanya dengan menjaga kebudayaan bangsa dari pengaruh luar. Yang perlu dilakukan adalah mengembangkan kebudayaan bangsa itu ke arah kemajuan yang sesuai dengan kecerdasan zaman, kemajuan dunia, serta kepentingan hidup rakyat lahir dan batin pada tiap-tiap zaman dan keadaan.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *