Cara Melestarikan dan Mengelola Hutan

aCara Melestarikan dan Mengelola Hutan – Hutan ialah salah satu sumber daya alam yang mana keberadaannya pun sangat penting bagi kehidupan manusia. Karena tak sedikit dari kehidupan mereka yang memanfaatkan hasil hutan sebagai sumber makanan dan juga penghasilan. Meskipun Hutan lebih cenderung terhadap aneka tanaman dan juga tumbuhan yang hidup dan tumbuh dalam tempo waktu tertentu.

Namun, hutan itu memberikan hasil bagi siapa saja yang mengambilnya, dalam artian untuk manusia dan juga berbagai binatang yang hidup di dalamnya. Atas hal tersebut, dapat dinyatakan bahwa Hutan pun akan lebih baik untuk dilestarikan dan dijaga. Termasuk pada upaya pengelolaan yang dilakukan harus seimbang, bukan hanya mengambil tanpa memberi. Maksudnya ialah memanen, tapi juga bersedia menanam kembali.

Alasan melestarikan Hutan

Memang, tak setiap orang hidup di area Hutan, tapi bukan berarti yang menjaga dan melestarikan adalah mereka yang hidup di sekitarnya saja, tetapi semua orang. Dalam artian setiap orang berhak menjaga Hutan sebagai sumber daya alam yang memberikan banyak manfaat bagi kehidupan manusia, seperti:

  • Hasil panen yang beragam.
  • Meningkatkan sumber penghasilan.
  • Meningkatkan perekonomian keluarga.

Upaya menjaga hutan

Sebagai pengupayaan atas bentuk pengelolaan sekaligus penjagaan Hutan, Anda pun bisa melakukannya secara individu sekaligus bersama-sama. Upaya tersebut bisa dinyatakan dalam beberapa tindakan, seperti:

  • Melakukan penanaman hutan, atas beberapa lahan yang kosong.
  • Mengambil atau memanen secukupnya saja.
  • Merawat hutan secara rutin, seperti sebulan sekali melakukan pengecekan terhadap beberapa area.
  • Menanam beberapa pohon dalam jenis yang berbeda.

Dari beberapa upaya tersebut, sangat jelas bahwa bisa saja dilakukan secara personal, tetapi akan lebih menyenangkan bilamana dilakukan secara berkelompok. Karena dalam suatu kerja sama, maka perawatan pun akan lebih maksimal dan juga dapat menjangkau di beberapa sisi secara luas. Dengan demikian, usahakan pelestarian pun dilakukan secara serempak, entah itu para masyarakat sekitar ataupun yang lainnya.

Menjaga sekaligus mengelola suatu Hutan memanglah tak mudah, terlebih lagi pada lahan yang luas, maka akan semakin sulit. Untuk fokus yang seperti ini, Anda harus mengajak saudara yang lain, seperti dalam lingkup masyarakat. Sehingga, mereka semua bisa menjalankan tugas sebagai penjaga sekaligus pengolah hutan tersebut.

Termasuk pada proses menanam dan memanen beberapa hasil. Dimana lebih suka mengambil hasil, tetapi tidak boleh melupakan penanaman kembali. Karena langkah tersebut pun bisa bermanfaat bagi semua pihak, bagi kehidupan manusia hingga lingkungan. Jadi, usahakan dapat mengelola hutan secara bersama. Mengajak para masyarakat secara luas untuk lebih giat dan sadar lagi dalam fokus mengelola hutan. Karena bagaimana pun juga, hasil yang diperoleh nanti juga untuk kita semua. Dengan begitu, usaha dari kita hasilpun untuk kita juga, yang lebih tepatnya, kiat-kiat pengelolaan masa kini akan bermanfaat lebih bagi nanti berikut pada masa yang selanjutnya.

Baca Artikel Lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *