Cara Melindungi Anak dari Kuman yang Berada di Lantai

Kuman dapat masuk dari mana saja, melalui jari, tangan, kulit, rambut, kaki, hidung, dan anggota tubuh lain,  juga permukaan seperti halnya lantai.

2

Padahal salah satu tempat favorit anak-anak ketika bermain dan belajar adalah di lantai. Lantai yang kurang higienis ini bisa menyebabkan anak terinfeksi thypus, infeksi paru, diare, dan masih banyak lagi,” ujar dr. Rifan Fauzi, Sp A, dokter spesialis anak.

Kuman, baik bakteri maupun virus, ada dimana-mana. Mereka juga berevolusi lebih cepat dan kuat dari sebelumnya. Lantai yang merupakan tempat utama bermain dan beraktivitas anak di rumah, harus kita pastikan bersih.

Tidak hanya bersih, tetapi juga higienis dan bebas kuman. Lantai merupakan salah satu tempat berkumpulnya bakteri di rumah. Jika tidak dibersihkan dengan baik, bukannya menjadi tempat bermain tetapi lantai akan menjadi sarang kuman bagi keluarga anda.

Anak-anak yang lebih rentan terhadap kuman karena belum memiliki sistem kekebalan tubuh yang sempurna inilah yang harus kita jaga dari bakteri yang mungkin berada di lantai.

Berikut ini adalah tips dan cara untuk membersihkan lantai sehingga terbebas dari kuman,

  • Selalu bersihkan lantai minimal satu kali sehari dengan cara disapu kemudian dipel.
  • Setelah disapu bersih, siapkan ember berisi air yang dicampur dengan cairan pembersih lantai. Tambahkan sedikit pemutih pakaian pada kain pel yang berfungsi sebagai anti kuman dan bakteri agar lantai lebih bersih dan higienis.
  • Untuk lebih praktis, pilihlah cairan pembersih lantai yang sekaligus berfungsi sebagai desinfektan atau pembunuh kuman.
  • Banyak kuman yang mati pada suhu yang tinggi. Bila diperlukan, gunakan air hangat untuk air pel, sehingga bisa membantu membunuh kuman.
  • Lakukan gerakan ke kiri dan kanan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
  • Cuci kain pel yang telah selesai digunakan dengan air panas/hangat sampai bersih untuk membunuh kuman-kuman, kemudian dijemur dengan posisi terbalik (kepala kain pel di atas).
  • Pastikan rumah anda memiliki ventilasi yang baik agar lantai tidak lembap.

Baca Artikel Lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *