Cara Memasak Brokoli yang Benar Agar Tidak berubah Warna

Di era kekinian, semakin banyak orang yang menerapkan pola makan sehat atau gaya hidup sehat sebagai kebiasaan sehari-hari. Termasuk menjaga asupan sayuran yang lebih banyak secara teratur.

d 36

Salah satu sayuran yang bisa dimasukkan dalam daftar menu sehat keluarga adalah brokoli. Kenapa harus brokoli?

Menurut para ahli, brokoli merupakan salah satu makanan super yang mengandung antioksidan dan vitamin serta mineral penting bagi tubuh. Mengonsumsi brokoli secara teratur, kamu bisa mendapat manfaat seperti meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kecantikan kulit dari serangan radikal bebas. Itu artinya, brokoli turut menyumbangkan kecantikan yang awet muda dan kesehatan dalam jangka panjang.

Wow, begitu banyak manfaat brokoli bagi manusia. Tapi jangan senang dulu, ada satu syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan nutrisi brokoli berupa antioksidan, yaitu cara memasak brokoli yang benar.

Seringkali, terjadi kesalahan cara memasak brokoli, hingga kandungan nutrisinya berkurang bahkan habis percuma. Terkadang brokoli juga berubah warna yang dapat mengurangi kualitas rasa serta gizi yang terkandung di dalamnya.

Duh, lalu bagaimana cara memasak brokoli yang benar agar tidak berubah warna? Tenang saja. Anda patut membaca terus ulasan berikut:

  • Kukus

Para ahli menyarankan agar memasak brokoli yang benar adalah mengukus. Kukus selama 2 menit, untuk mempertahankan warnanya tetap hijau segar yang menandakan bahwa brokoli masih mengandung antioksidan yang tinggi dan tetap aman dikonsumsi.

  • Tumisan

Kalau mengukus membuat Anda bosan dan terasa hambar, tidak masalah untuk menumis brokoli. Asalkan jangan lebih dari 4 menit. Selain itu, gunakan pula minyak zaitun sebagai ganti minyak goreng ketika menumis agar rendah kolesterol.

Baca Artikel Lainnya :

Apabila Anda ingin merebus brokoli pun tak masalah. Hanya rebus dalam kurun waktu 1,5 menit dan tambahkan sekitar 1 sendok garam. Rebus hingga mendidih dan brokoli empuk.

Terbukti super simpel dan tidak membutuhkan waktu lama untuk memasak brokoli. Intinya, Anda boleh menggunakan berbagai cara untuk memasak brokoli asalkan tidak terlalu lama memanaskan brokoli agar nutrisinya tetap terjaga sampai masuk ke mulut. Selamat memasak brokoli.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *