Cara Membedakan Lele Betina Dan Jantan

Cara Membedakan Lele Betina Dan Jantan – Tidaklah sulit menentukan jenis kelamin terhadap Ikan Lele, dimana ikan jenis ini mempunyai alat kelamin yang berbeda – beda.

Meskipun terlihat mudah untuk membedakan antara Ikan Lele jantan dengan betina, tetap saja kondisi ini akan tampak sulit untuk dilakukan oleh orang awam atau nelayan kecil.

Maka dari itu melalui artikel kami kali ini akan membantu anda yang awam tentang hal ini untuk mampu membedakan mana Ikan Lele jantan dan yang mana Ikan Lele betina.

Apabila anda merasa sudah ahli dalam hal ini maka sangatlah mudah dalam menangkap atau memisahkan Ikan Lele lalu memeriksa alat kelamin mereka khususnya Lele – Lele yang akan dikawinkan.

Bagi yang berminat maka cukup memperhatikan tanda – tanda tersebut di bawah ini yang dapat dijadikan sebagai pegangan untuk membedakan antara Lele jantan dengan Lele betina.

1. Bentuk Tubuh Ikan Lele

Dapat dengan mudah mengenal Lele jantan dibandingkan dengan bentuk tubuh yang langsing terlihat memanjang dan agak bulat atau sexy dari kelompok Lele betina.

Khusus bagi para peternak Lele pemula hingga saat ini kadang – kadang masih kesulitan dalam membedakan antara Lele jantan dengan Lele betina karena ukuran dan bentuk tubuh bersifat relatif sehingga harus disediakan beberapa ekor Lele sebagai bahan pembanding. Yang sudah berpengalaman akan sangat mudah membedakannya.

2. Bentuk Perut Ikan Lele

Menilai Ikan – Ikan Lele dari bentuk perutnya, Lele betina mempunyai bentuk perut lebih lebar apabila anda bandingkan dengan jenis Ikan Lele jantan.

Hal ini disebabkan agar Lele betina mampu menampung lebih banyak telur – telur yang baru jadi di dalam perutnya.

Lebar perut Lele betina rata – rata 1,5 inchi daripada lebar perut Lele jantan. Dan untuk mengetahui tentang apakah mereka sudah siap untuk kawin maka bisa dengan meraba bagian perut dari masing – masing Lele.

3. Kondisi Perut Ikan Lele

Selain berukuran lebih lebar, perut Lele betina terasa lebih lunak atau agak lembek jika dibandingkan Ikan Lele jantan yang cenderung terasa lebih kenyal. Untuk menentukan jenis kelamin ini cukup dengan cara meraba kondisi perutnya masing – masing yang dilakukan dengan berhati – hati agar Lele – Lele tersebut tidak panik lalu merasa khawatir.

4. Bentuk Moncong Ikan Lele

Bentuk moncong dari Ikan Lele jantan cenderung agak runcing dan lebih panjang jika dibandingkan dengan Ikan Lele betina sehingga cenderung mudah menangkap dan memegangi Ikan Lele betina.

Anda dapat memperhatikan dari jauh saja sudah mampu menemukan dengan jelas jenis – jenis kelamin antara Ikan Lele jantan dengan Ikan Lele betina sehingga tak keliru dan ragu – ragu lagi dalam mengawinkannya.

5. Ukuran Sirip Punggung

Sangat mudah membedakan antara Lele jantan dengan Lele betina yaitu dilihat dari ukuran masing – masing sirip pada masing – masing punggung ikan. Lele jantan mempunyai sirip punggung agak panjang dibandingkan dengan Lele betina.

Perbedaan yang lainnya adalah memfokus kepada warna dari masing – masing sirip punggung, bentuk dan ukuran kepala, kelincahan gerakan, keagresifan, kehalusan kulit, warna kulit dada, cairan yang keluar apabila perut diurut, pada sirip punggung terdapat bintik – bitntik, bentuk alat kelamin dan jumlah lubang dibagian bawah tubuh.

Sebagai patokan bisa memperhatikan penjelasan singkat dari kami tersebut di atas yaitu poin 3, tentang kondisi perut ikan Lele.

Baca Juga :

Demikianlah cara praktis dan singkat tentang membedakan antara Lele betina dengan Lele jantan, semoga bermanfaat !

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *