Cara Memberikan Pengertian Kepada Anak Sulitnya Mendapatkan Uang

Sekarang ini, tidak hanya mendapatkan uang, mencari pekerjaan saja susah. Karena susahnya mendapatkan uang, maka penggunaan uang juga harus dilakukan secara bijak. Sayangnya, anak kecil biasanya tidak mengetahui tentang kondisi ini.

Karenanya, sangat penting untuk menberikan pengertian kepada anak tentang sulitnya mendapatkan uang. Tentunya, memberikan pengertian harus dilakukan dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh anak agar mudah dimengerti.

r 134

Ada banyak cara yang dapat dilakukan dalam memberikan pengertian kepada anak. Dan sebisa mungkin cara yang digunakan dalam memberikan pengertian harus santun.

Anak-anak kecil tentu belum bisa memahami tentang sulitnya mendapatkan uang. Karenanya, bahasa yang digunakan harus dirangkai sebaik mungkin agar tidak terjadi salah pengertian. Simak tentang cara memberi pengertian tentang keuangan pada anak berikut.

  • Uang didapat dengan bekerja

Semua orang dewasa pasti memahami hal ini, bahwa tidak ada sesuatu yang bisa didapat tanpa melakukan usaha, begitu juga dengan uang. Berikan pada anak tentang bagaimana sulitnya mendapatkan uang.

Karenanya, jika sang anak meminta uang, cobalah untuk memberikan sedikit aktifitas lalu berikan imbalan atas usahanya. Dengan begini, sang anak akan belajar bagaimana caranya mendapatkan uang, yaitu dengan melakukan sesuatu.

  • Ajari berhemat

Keadaan ekonomi yang semakin sulit membuat orang tua harus memilih-milih dalam membeli kebutuhan sesuai dengan prioritasnya. Tapi apakah sang anak juga mengerti tentang hal ini.

Langkah yang terbaik adalah dengan mengajari anak untuk berhemat dalam menggunakan uangnya. Ajari juga cara menentukan prioritas yang akan dibeli sedari kecil. Karakter seperti ini akan terbawa hingga sampai masa tuanya.

  • Belanja dengan bijak

Orang tua harus bisa memberikan penjelasan tentang makna kebutuhan dan keperluan. Kedua hal ini akan memberikan tentang prioritas kebutuhan yang akan dibeli. Buatlah daftar prioritas yang harus dibeli beserta anggaran yang diperlukan.

Juga, berikan pengertian tentang cara belanja dengan hemat, misalnya dengan membawa uang pas, atau jangan berlama-lama di tempat belanja karena dapat memicu untuk hasrat berbelanja lagi.

  • Jangan membeli yang tidak dibutuhkan

Kebanyakan anak kecil belum tahu mana yang menjadi kebutuhan primer atau sekunder. Adalah tugas orang tua untuk memberikan pengertian ini.

Baca Artikel Lainnya :

cobalah untuk mengajaknya berdiskusi dan mintalah penjelasan tentang kebutuhan yang akan dibeli olehnya. Singkirkan dari barang yang tidak dibutuhkan dari daftar belanja tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *