Cara Membuat Anak Bahagia Tanpa Memanjakannya

Setiap orang tua pasti mendambakan agar anaknya tetap bahagia tanpa perlu memanjakannya. Namun terkadang cara yang dipakai dalam mendidik anaknya tidak tepat. Hasilnya, sang anak justru malah menjadi manja.

Peran orang tua dalam mendidik anaknya agar menjadi pribadi yang mandiri harus dimulai sejak kecil. Jika tidak, sifat manja akan selalu terbawa hingga menjadi dewasa. Dan secara psikologis, hal ini tidak bagus untuk perkembangan sang anak.

r 136

Ketika orang tua mempunyai anak, hal yang paling sering dilakukan adalah selalu menuruti kemauan sang anak sebagai bentuk rasa sayang. Kadang kala perwujudan rasa sayang ini diberikan secara berlebihan.

Contoh kecil, orang tua selalu mengambilkan minuman pada anaknya. Tidak ada yang salah dengan cara ini, namun akan memberi persoalan tersendiri di kemudian hari.

Hasilnya, sang anak akan tetap meminta orang tuanya untuk melayani meskipun sang anak sudah mulai beranjak besar.

Inilah cara membahagiakan anak tanpa memanjakannya.

  • Memberikan apresiasi

Banyak orang tua yang tidak menyadari kesalahan kecil yang sering dilakukan, termasuk dalam memberikan pujian terhadap anaknya. Apresiasi kadang dapat memberi dampak positif pada anak agar lebih termotivasi dalam melakukan sesuatu.

Tidak salah memang, tapi bukan merupakan suatu tindakan yang tepat pula. Berilah apresiasi pada sang anak atas proses yang sudah dilakukan, bukan pada hasil yang didapatkan.

  • Memberikan kesempatan

Rasa sayang orang tua kadang bisa menimbulkan efek kurang baik terhadap anaknya, salah satunya adalah sifat manja. Sebagai contoh, ketika sang anak ingin mengambil minuman sendiri, maka biarkanlah proses tersebut berjalan dengan sendirinya.

Seorang anak akan belajar mandiri bagaimana cara mengambil minuman. Orang tua yang baik harus mau memberikan kesempatan anaknya untuk melakukan sesuatu dengan sendirinya, dan orang tua cukup menjadi pengawas.

  • Menjelaskan kegagalan

Tidak semua proses menjadi seorang yang mandiri akan berlangsung sukses. Ada kalanya sang anak akan menemui kegagalan dalam proses belajar menjadi pribadi yang mandiri.

Baca Artikel Lainnya :

Selain menjadi pengawas, tugas orang tua di sini adalah menjelaskan sesuatu tentang kegagalannya. Berikan pengertian bahwa kegagalan yang terjadi dalam proses merupakan langkah awal untuk menjadi sukses. Berikan motivasi dan tanamkan siat pantang menyerah.

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *