Cara Membuat Cake Caramel Singkong

Cara Membuat Cake Caramel Singkong – Kamu punya singkong di rumah tapi bingung mau dijadikan makanan apa? Buat cemilan singkong goreng bosan. Lalu dibuat apa ya enaknya? Kamu mungkin sering mengalami hal yang sama seperti itu.

Untitled

Memiliki bahan makanan namun bingung ingin dijadikan apa. Singkong memang salah satu makanan yang sudah tidak asing lagi bagi kehidupan sehari- hari. Sebenarnya cukup digoreng dan dijadikan cemilan saat santai bersama keluarga sambil minum teh juga nikmat. Namun, sebenarnya seingkong tersebut dapat dikreasikan sehingga membuat makanan baru yang tentu tidak kalah lezatnya. Salah satunya adalah dengan membuat cake caramel singkong.

Cake atau dalam bahasa Indonesia adalah kue bolu memang menjadi makanan favorit bagi semua orang. Kue tersebut dijadikan sebagai kudapan atau cemilan saat diwaktu senggang. Rasanya yang manis dan padat cukup bisa mengganjal perut yang sedang lapar. Cake sangat beragam rasa dan variannya salah satunya adalah cake caramel yang memiliki aroma dan rasa yang lezat.

Caramel itu sendiri merupakan gula pasir yang dihanguskan jadi terdapat kombinasi rasa pahit dan manis yang menjadikan cake semakin lezat. Resep kali ini akan memadukan cake caramel beserta singkong yang tentunya memiliki rasa yang tak kalah enaknya dengan cake yang lainnya. Penggunaan singkong sebagai bahan dasar dalam membuat makanan selain menambah rasa juga memiliki kandungan gizi yang baik bagi tubuh seperti vitamin C, vitamin K, dan vitamin B9. Yuk kita buat cake caramel singkong.

Bahan- bahan yang harus disiapkan berupa 150 gr singkong yang telah dibersihkan dan diparut, 400 cc air bersih, 400 gr gula pasir, garam secukupnya, 6 butir telur, 75 gr tepung maizena, 150 gr susu kental manis vanilla, dan 100 gr margarine yang telah dilelehkan.

Cara pembuatannya sangatlah mudah yaitu dengan membuat caramel yang berbahan dasar gula pasir yang dimasak bersama air hingga gosong. Disisis lain kocok telur bersama tepung maizena dan garam secukupnya sambil dimasukan tepung terigu sedikit demi sedikit. Aduk semua bahan hingga merata.

Setelah tercampur masukan lelehan caramel yang telah dingin sambil mengaduk adonan kue. Masukan susu kental manis dan margarine yang sebelumnya telah dilelehkan dan aduk hingga merata kembali. Singkong yang telah diparut tersebut dimasukan kedalam adonan kue dan aduk hingga semua adonan tercampur dengan singkong tersebut. siapkan Loyang kue yang telah diolesi sedikit margarine dan taburan terigu agar kue tidal melekat pada Loyang.

Masukan semua adonan kue pada Loyang tersebut dan oven hingga kua matang. Cara mengecek matang atau tidaknya kue adalah dengan menusukan kue dengan menggunakan tusuk gigi. Apabila adonan masih emnempel pada tusuk gigi menandakan kue belum matang. Setelah matang angkat kue dari Loyang dan hidangkan. Cake caramel singkong siap dinikmati.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *