Cara Membuat dan Memproduksi Kopi Luwak

Cara Membuat dan Memproduksi Kopi Luwak – Kopi luwak sebenarnya diproduksi dari kopi yang telah melalui proses dar kotoran hewan yaitu luwak. kopi jenis ini sangat digemari karena memiliki cita rasa yang unik dan berbeda dengan yang lainnya sehingga peminatnya saat ini banyak sekali dan akan terus bertambah.

a

Saat ini produuksi kopi luwak sangat terbatas. sehingga tidak heran bila harganya juga tinggi, hanya orang-orang tertetu yang bisa menikmati kopi luwak ini. kopi ini adalah khas dari indonesia, walaupun tidak sedikit juga ditemukan diberbagai negara di asia tenggara salah satuya filipina.

Di indonesia kopi luwak terdapat dua jenis yaitu kopi dari alam liar dan kopi dari takaran. kopi luwak liar didapat dari alam da biasanya untuk mencari kopi liar ini snagat sulit sekali dan kita hanya memungutnya dari hutan-hutan dimana luwak itu berada. sedangkan kopi luwak takaran adalah dengan cara membudidayakan hewan luaw dengan memberi makan kopi setelah luwak membuang kotoran maka kopi tersebutlah yang akan menjadi bahan pembuatan kopi luwak.

Lalu bagaimana cara membuat kopi Luwak?

Seiring dengan permintaan pasar yag semangkin tinggi dan ketersediiann kopi luak yang semangkin rendah, hal inilah yang mendorong banyak orang untuk menjadikan hal ini sebagai peluang usaha yakni dengan membuddayakan luwakagar bisa memproduksi kopi luwak.

Berikut langkah-langkah dalam membuat kopi luwak :

  • Langkah pertama yanng harus dilakukan yakni memisahkan biji kopi yang berkualitas dengan yang tidak berkualitas. cuci bersih kopi yang mempunyai kualitas tinggi.
  • kemudian berikan kopi kepada luwak. hewan luwak secara otomatis akan memilih dan menyeleksi lagi biji kopi untuk dimakan dengan indra penciumannya.
  • Setelah itu silahkan untuk menunggu hingga Luwang mengeluarkan kotorannya.
  • Kotoran yang terdapat biji kopi dibersihkan dengan menggunakann air bersih yang mengalir. lalu jemur biji kopi yanng sudah dibersihkan hingga kering dibawah sinar matahari langsung.
  • Biji kopi yang telah dicuci dan dikeringkan dapat diolah yaitu dengan sistem basah.

Dengan bisanya anda meengelola dan membudidayakan luak ini akan menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan. perlu dikatahui bahwa penggemar kopi luak semangkin hari semangkin meningkat sehingga sangat disayangkan bila kesempatan ini tidak dimanfaaatkan dengan baik.

Baca Artikel lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *