Cara Membuat Dan Merawat Tanaman Bonsai

Cara Membuat Dan Merawat Tanaman Bonsai – Bonsai merupakan salah satu metode atau sebutan bagi tanaman yang dikerdilkan. Bonsai ini digemari karena unik dan menarik. Tanaman bonsai biasanya dijadikan sebagai tanaman hias yang diletakkan di ruangan atau teras rumah.

Banyak orang yang ingin membuat bonsai namun masih bingung bagaimana cara membuatnya. Sebenarnya untuk bisa membuat tanaman bonsai tak semudah yang kita lihat. Perlu waktu yang lama, hingga bertahun-tahun untuk bisa menciptakan sebuah tanaman bonsai.

Untitled

Pada umumnya untuk bisa mendapatkan tanaman bonsai membutuhkan waktu minimal 2 hingga 4 tahun tergantung jenis tanaman dan ukuran. Berikut cara yang bisa digunakan untuk membuat tanaman bonsai.

  1. Pemotongan

Agar mendapatkan hasil yang memuaskan, langkah pertama yang bisa dilakukan adalah melakukan pemotongan. Pemotongan dilakukan pada batang yang kurang sehat atau pertumbuhannya kurang bagus. Namun dalam pemotongan tidak boleh sembarangan. Harus mempertimbangkan pertumbuhan dari tanaman itu sendiri.

  1. Pengawatan

Selain pemotongan, hal yang bisa dilakukan adalah pengawatan. Pengawatan ini pertujuan untuk membentuk pola tumbuh dari tanaman yang akan dijadikan bonsai. Pengawatan yang baik harus dilakukan dengan teliti, jangan sampai terlalu kencang, dan jangan sampai terlalu longgar.

  1. Penempatan di Pot

Penempatan tanaman pada pot tidak harus diposisikan di tengah tengah pot, namun harus disesuaikan dengan pola tumbuh yang ingin dibuat. Selain itu pilih model pot sesuai dengan pola tumbuh tanaman, bisa lonjong atau oval, kotak, atau bulat.

  1. Menciptakan Kesan Tua

Salah satu nilai tambah dari bonsen apabila terlihat tua. Tak heran bonsai yang nampak tua memiliki harga yang sangat mahal. Bonsai tua dikenai dari pertumbuhan cabang yang rata dan merunduk sampai menyentuh tanah.

Setelah tahu bagaimana cara membuat tanaman bonsai, sekarang yang perlu dilakukan adalah merawat tanmaan bonsai. Sebenarnya cara merawat bonsai tak jauh berbeda dengan merawatan tanaman lainnya. Berikut ulasan lengkapnya.

  • Penyiraman

Bonsai memerlukan asupan air yang cukup untuk tumbuh utamanya saat musim panas. Lakukan penyiraman pada saat pagi dan sore hari. Gunakan air yang bersih dan sehat.

  • Pemupukan

Selain penyiraman, tanaman bonsai juga memerlukan pemupukan untuk memenuhi nutrisi yang diperlukan oleh tanaman. Pemupukan bisa dilakuakn secara berkala setiap satu bulan sekali dengan menggunakan pupuk NPK atau urea.

  • Penyiangan

Penyiangan tanaman bonsai dilakukan setiap hari. Tujuannya adalah membersihkan tanaman dari hama dan gulma. Selain itu lakukan pemangkasan terhadap daun daun yang kering dan cabang yang tumbuhnya tidak sesuai dengan yang diharapkan. Pemangkasan bisa dilakukan setiap 2 hingga 3 bulan sekali.

  • Pembukaan Kawat

Yang harus dilakukan dalam merawatan bonsai adalah pembukaan kawat yang mulai masuk ke dalam batang tanaman bonsai. Lakukan dengan hati-hati agar tidak menimbulkan luka pada tanaman.

Baca Artikel Lainnya :

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “Cara Membuat Dan Merawat Tanaman Bonsai

  1. dina

    apakah ada penyakit yang dimiliki pohon bongsai ini guys?

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *