Cara Membuat Kesimpulan Tulisan

Umumnya, sebagian besar penulis pemula selalu melakukan kesalahan ketika membuat kesimpulan pada tulisannya. Seperti meminta maaf jika terdapat kesalahan tulisan, meminta maaf jika terjadi kesamaan nama, atau meminta maaf jika terdapat tulisan yang kurang berkenan pada tulisannya.

Sehingga, mereka terkesan mengharapkan sebuah toleransi dari pembaca jika terdapat kesalahan pada tulisannya.

p 31

Padahal, tanpa kita meminta maaf jika terdapat kekurangan pada tulisan, pembaca sudah mengetahuinya kekurangan tulisan kita dan berusaha memberikan toleransi pada tulisan yang masih bisa dipertimbangkan.

Dengan demikian, kita tidak perlu meminta maaf atas kesalahan penulisan secara berlebihan. Jika kita menuliskan kesimpulan seperti yang sudah dijelaskan diatas, pembaca akan berpendapat jika kita tidak mempersiapkan tulisan dengan sebaik mungkin.

Selain menuliskan kesimpulan tulisan dengan permintaan maaf, ada pula penulis pemula yang berputar-putar membahas inti tulisannya. Padahal, jika kita lebih cermat. Kesimpulan tulisan adalah titik atau bagian yang paling strategis untuk menjelaskan apa yang akan kita sampaikan melalui tulisan.

Kesimpulan akan selalu diingat oleh pembaca, sehingga lebih baik menuliskan kesimpulan dengan menjelaskan apa yang akan dibahas oleh tulisan yang sudah kita buat. Berikut beberapa cara membuat kesimpulan yang baik dan benar untuk tulisan;

Meringkas tulisan; Sebagai penulis pemula yang sedang belajar dan ingin menjadi penulis yang lebih profesional, kita wajib berpikir jika kesimpulan sangat penting serta tidak boleh dihilangkan.

Orang-orang di era modern seperti saat ini, lebih banyak melihat kalimat pembuka dan kesimpulan tulisan untuk menentukan apakah dirinya tertarik untuk membaca tulisan tersebut atau tidak. Karena dari pembuka, pembaca mampu mengetahui tulisan tersebut menarik atau membosankan.

Sedangkan dari kesimpulan tulisan, pembaca mampu mengetahui isi utama tulisan dan mengetahui hal menarik apa saja yang kita bahas pada tulisan.

Memberikan pepatah, puisi, atau humor; Untuk membuat kesimpulan, kita tidak boleh terlalu tegang dan memberikan kata yang panjang lebar. Kita bisa memberikan tulisan yang ringan seperti puisi, pepatah, dan humor yang membuat calon pembaca tertarik.

Untuk membuat calon pembaca semakin penasaran, kita dapat menggunakan puisi dan pepatah orang-orang terkenal . Namun, alangkah lebih baik jika kita membuat puisi, pepatah, atau humor sendiri.

Karena hasil karya dari diri sendiri akan lebih baik, namun tentunya jangan garing atau membosankan alias tidak lucu.

Memberikan penjelasan tokoh utama; Penjelasan secara singkat tentang tokoh utama sangat terbukti mampu menaikan minat calon pembaca. Akan tetapi, jangan terlalu banyak memberikan penjelasan tentang tokoh utama dalam tulisan kita.

Baca Artikel Lainnya :

Karena jika terlalu banyak menuliskan penjelasan tentan tokoh utama, pembaca menjadi kurang berminat karena sudah mengetahui karakter dan alur cerita tokoh utama dalam tulisan kita.

Memberikan tujuan tulisan; Jika tidak ingin direpotkan dengan pemilihan kesimpulan tulisan, kita dapat memberikan tujuan kenapa menulis tulisan tersebut. sehingga, pembaca mampu mengetahui alasan dan tujuan kita menulis tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *