Cara Membuat Media Tanam Organik

Cara Membuat Media Tanam Organik – Ingin mempunyai kebun untuk bercocok tanam tetapi tidak mempunyai lahan yang cukup luas? Tidak perlu memaksakan untuk menanam di lahan luas, ada alternatif lain yang bisa dilakukan untuk bercocok tanam dengan memanfaatkan pot atau tempat-tempat bekas lainnya dan menggunakan media tanam organik. Untuk membuatnya, kita juga dapat mempelajari sendiricara membuat media tanam organik karena memang cukup mudah untuk dipraktekan.

Untitled

Cara membuat media tanam organik cukup sederhana. Pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan pupuk organiknya. Pupuk organik yang bisa dipakai misalnya adalah pupuk kandang. Bahan-bahan yang bisa digunakan untuk dibuat pupuk kandang yaitu kotoran hewan ternak, salah satunya adalah kotoran kambing. Kotoran kambing yang telah kering dikumpulkan, lalu didiamkan atau disimpan beberapa hari dalam karung. Setelah mengalami penyimpanan beberapa hari maka pupuk kandang sudah siap untuk digunakan.

Setelah pupuk kandang siap untuk digunakan, kemudian langkah selanjutnya untuk caramembuat media tanam organik adalah sebagai berikut :
Siapkan bibit tanaman yang akan ditanam.

Menyediakan pot atau ember yang sudah tidak terpakai untuk tempat lahannya, lubangi bagian bawah pot atau ember tersebut sebanyak 5-7 titik.
Siapkan media tanamnya, campurkan pupuk kandang yang telah siap pakai dengan tanah yang sudah digemburkan. Buat campuran 2 : 1, 2 bagian untuk tanah dan 1 bagian untuk pupuk kandangnya.

Masukkan media tanah yang telah tercampur pupuk pada pot atau ember sebanyak 2/3 bagian, tanamkan bibit tanamanya, lalu taburkan kembali media tanah di sekelilingnya sampai pot/ember terisi penuh sambil sesekali dipadatkan sampai bibit tanaman tertancap kuat.
Setelah selesai siram dengan sedikit air.

Dengan mempelajari cara membuat media tanam organik maka siapapun dapat mempraktekannya. Yang penting dalam membuat media tanam ini adalah pembuatan pupuk kandang dan perbandingan pupuk dengan tanah sebagai komposisi medianya. Kotoran kambing yang dipakai untuk pupuk sebaiknya kotoran yang telah kering dan mengalami dekomposisi/penguraian oleh mikroorganisme. Media tanam organik ini dapat dipraktekan di rumah untuk menanam cabai, tomat, terong, dan macam sayuran lainnya

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *