Cara Membuat Pengelolahan Susu Menjadi Susu Karamel

Cara Membuat Pengelolahan Susu Menjadi Susu Karamel – Karamel susu ( happies ) adaah salah satu sejenis permen yang terbuat dengan menggunakan bahan dasar susu. Pembuatan karamel merupakan suatu cara alternatif pengelolahan untuk memanfaatkan susu yang berkualitas rendah yang tidak dapat digunakan lagi untuk pembuatan berbagai jenis produk olahan susu lainnya.

2

Prinsip dalam pembuatan susu karamel berdasarkan reaksi karamelisasi, yaitu reaksi kompleks yang menyebabkan terjadinya perubahan bentuk dari gula menjadi amorf yang berwarna cokelat gelap. Larutan gula dalam susu akan dipanaskan sampai seluruh air menguap sehingga cairan akan tersisa dalam produk adalah cairan gula yang lebur. Apabila dalam keadaan ini telah tercapai dan terus dipanaskan sampau dengan suhu melampaui titik leburnya, maka mulailah terjadi bentuk amorf yang berwarna cokelat tua.

Jika anda ingin membuat susu karamel dengan baik dan tepat, perhatikan ulasan berikut ini.

Bahan dan alat pembuatan susu karamel

Bahan dan alat yang digunakan adalah sebagai berikut :

Bahan yang digunakan :

  • Susu 1 liter
  • Gula pasir 10 % – 20 % ( 100 – 200 gram untuk setiap 1 liter susu )
  • Mentega 10 – 20 gram
  • Essence secukupnya
  • Garam secukupnya

Alat yang digunakan :

  • Wajan
  • Pengaduk
  • Pisau
  • Cetakan

Cara membuat pengelolahan susu menjadi susu karamel

  1. Masak susu kedalam wajan sambil aduk – aduk hingga mengental.
  2. Tambahkan gula pasir sebanyak 10 – 20 % dari volume susu atau sesuai dengan selera yang diinginkan. Tambahkan mentega agar karamel yang dihasilkan tidak lengket.
  3. Proses pemasakan dilakukan terus sambil terus mengaduk – aduk sampai susu mengumpal dan berubah warna menjadi kecokelat – cokelatan.
  4. Angkat adonan karamel dari perapian, kemudian segera masukan kedalam wadah untuk di cetak atau di potong – potong hingga menyerupai kembang gula.
  5. Selesai.

Mudah bukan cara membuat pengelohan susu menjadi susu karamel, nah jika anda ingin membuatnya segera perhatikan bahan dan alat yang digunakan dan cara pembuatannya karena hal tersebut akan sangat mempengaruhi hasil yang akan di proleh.

Baca juga :

Itulah cara membuat pengelolahan susu menjadi susu karamel semoga informasi yang kami berikan berguna dan bermanfaat.

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *