Cara Membuat Related Post di dalam Postingan tanpa Plugin

Cara Membuat Related Post di dalam Postingan tanpa Plugin – Pernahkah Anda melakukan review pada sebuah blog lalu menemukan “bacaan terkait” atau ”related posts”? Tentu saja jawabannya adalah pernah. Lalu, tertarikkah Anda untuk membaca artikel yang serupa tersebut?

Jawabannya hanya ada satu yaitu “penasaran” dikarenakan headline yang digunakan memberikan informasi yang dianggap lebih relevan dan menarik.

Nah, itulah alasan sebenarnya mengapa para blogger menggunakan related post tersebut. Selain itu, related post berguna untuk meningkatkan jumlah viewer pada page Anda dan mempermudah mesin pencari menemukan tulisan terkait.

Blog khususnya WordPress menyediakan plugin untuk memudahkan Anda dalam meningkatkan eksistensi web Anda.

Hal tersebut juga sangat bermanfaat bagi Anda yang membuka toko online. Namun terkadang, plugin dapat memperlambat sistem pada blog dikarenakan beberapa plugin tidak dapat mendukung tema web yang sedang Anda gunakan.

Baca Juga : Cara Verifikasi Search Console

Perhatikan jenis wordpress yang Anda gunakan karena related post hanya berfungsi pada wordpress yang menggunakan sistem CMS WordPress selfhost.Lalu, adakah cara yang dapat dilakukan untuk membuat related post tanpa harus menghadapi resiko tersebut?

Selain menggunakan plugin, Anda dapat menggunakan cara manual untuk memperoleh related post yang Anda inginkan.  Untuk lebih jelasnya, Anda dapat mengikuti ulasan berikut ini:

  1. Setelah itu, Anda dapat menyertakan kode berikut pada php dalam bentuk <?php ?>. Untuk pengetahuan Anda, kode tersebut digunakan untuk menampilkan postingan berdasarkan tag.

  1. Langkah terakhir adalah dengan menambahkan Appearance lalu pilih dan klik edit css.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pengaturan ini adalah number dan tag.

  • Number

Number merupakan jumlah artikel yang akan ditampilkan. Apabila Anda tidak mengatur jumlah artikel yang akan ditampilkan tersebut, maka secara otomatis default akan menampilkan lima artikel terkait.

  • Tag

Merupakan artikel yang ditampilkan berdasarkan kesamaan kategori pada tag.

Nah, itulah cara yang dapat dilakukan dalam membuat related post tanpa plugin. Ternyata tidak sesulit yang dibayangkan. So, selamat mencoba.

Baca Juga :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *