Cara Membuat Sendiri Jajanan Lumpia Basah

Cara Membuat Sendiri Jajanan Lumpia Basah – Lumpia basah adalah salah satu jajanan yang mungkin baru populer sekarang ini. Namun, sebenarnya keberadaan makanan ini telah menjadi jajanan khas di kota asalnya yaitu Bandung.

Untitled

Memang kota Bandung merupakan salah satu kota yang sangat terkenal dengan aneka kuliner jajanannya yang lezat salah satunya lumpia basah tersebut. Berbeda dengan jenis makanan lumpia goreng yang berasala dari kota Semarang, jajanan lumpia basah ini kulit bagian luarnya tidak digoreng hanya bagian isiannya saja yang ditumis.

Mungkin bagi sebagian orang karena kulit lumpia tersebut masih mentah membuat orang yang melihatnya enggan untuk sekedar mencicipi. Namun, apabila telah mencobanya biasanya seseorang tersebut akan ketagihan karena rasanya yang enak tersebut.

Lumpia basah tersebut dapat disesuaikan tingkat rasa pedas sesuai yang kita inginkan. Hal tersebut tentu menjadi pilihan jajanan favorit bagi para pecinta masakan pedas. Selain itu yang menjadi ciri khas dari makanan lumpia basah ini adalah cara makannya yang menggunakan sumpit. Jadi begitu unik bukan?

Lumpia basah banyak dijual di pinggir jalan dan biasanya pedagang- pedagang yang menjualnya menggunakan gerobak dorong. Sehingga sangat mudah ditemukan jika kamu ingin mencari jajanan untuk sekedar mengganjal perut.

Isi dari lumpia basah tersebut adalah campuran dari tauge, telur, dan bengkuang. Bahan- bahan tersebut merupakan makanan yang sehat dan baik untuk dikonsumsi oleh tubuh terutama tauge. Sehingga lumpia basah ini selain lezat juga menyehatkan. Kita juga bisa buat sendiri loh lumpia basah tersebut dirumah.

Membuat lumpia basah sangatlah mudah cukup menyiapkan bahan- bahan seperti kulit lumpia, tauge, telur, bengkuang yang telah di cincang, garam, bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan gula merah yang telah dicairkan sebagai perekat antara isi lumpia dengan kulit lumpianya.

Untuk takaran bahan- bahan masakan tersebut disesuaikan dengan porsi lumpia basah yang akan dibuat sesuai selera.

Langkah pertama yang dilakukan adalah dengan menumis bumbu yang terdiri dari bawang putih, bawang merah, dan cabai yang telah dihaluskan. Tumis hingga bumbu tersebut harum. Kemudian masukan telur dan aduk hingga merata.

Masukan tauge dan bengkuang dan aduk hingga semua tercampur dan tunggu hingga matang. Masukan garam sebagai penambah rasa pada isi lumpia basah tersebut.

sambil menunggu isi lumpia matang, siapkan kulit lumpia dan oleskan dengan gula merah yang telah dicairkan secara merata. Masukan isi lumpia yang telah matang tersebut lalu bungkus. Lumpia basahpun siap dihidangkan dna disantap.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *