Cara Membuat Teh Pandan Wangi Yang Nikmat

Cara Membuat Teh Pandan Wangi Yang Nikmat – Sejak zaman dahulu daun pandan wangi sudah dikenal manusia sebagai tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat.

Selain bagus untuk pewarna alami makanan dan minuman, diketahui manfaat daun pandan wangi adalah bagus untuk menjaga kesehatan.

kuliner

Pandan wangi banyak tumbuh subur di wilayah tropis dan memiliki ciri yang khas yaitu bentuk tanaman yang cantik dengan daun – daun mungilnya berwarna hijau terang sehingga cocok juga dijadikan sebagai tanaman hias.

Manfaat daun pandan bagi kesehatan antara lain :

1). Penambah nafsu makan.

Caranya : rebuslah 2 lembar daun pandan dengan 3 gelas air. Biarkan air rebusan tersebut menjadi tinggal separuhnya. Setelah dingin, saring dan minumlah 2 kali sehari dengan teratur.

2). Mengobati rematik.

Caranya : siapkan beberapa lembar daun pandan wangi. Kemudian diseduh dengan minyak kelapa murni panas sebanyak 1 atau 1/2 g  saja. Setelah dingin gunakan sebagai obat gosok pada bagian tubuh anda yang terkena rematik.

3). Mengatasi lemah syahwat pada kaum pria dan obat darah tinggi.

Caranya : ambil kurang lebih 3 lembar daun pandan kemudian potong kecil – kecil. Setelah itu
rebuslah dengan menggunakan air sebanyak 4 gelas dan biarkan hingga air rebusan tersebut tinggal 3/4nya saja. Saring dan minumlah ramuan tersebut pagi dan sore hari
setelah makan secara teratur.

4). Mengobati ketombe.

Caranya : ambilah beberapa lembar daun pandan. Kemudian tumbuk halus dan peraslah air dari daun pandan tersebut. Oleskan air daun pandan pada bagian kepala yang  terkena ketombe secara merata (sebelumnya anda harus keramas).

Biarkan kurang lebih selama 1/2 jam. Bilas hingga bersih dan ulangi keramas seperti biasa dengan memakai sampo pilihan, lakukan perawatan ini sampai ketombe benar – benar hilang.

Memanfaatkan Daun Pandan Wangi Untuk Minuman Kesehatan

Teh hangat ataupun es teh adalah salah satu minuman khas Indonesia yang sangat familiar buat anda nikmati ketika sore hari dalam cuaca yang sangat cerah.

Minuman ini telah ada hampir berabad-abad yang lalu di seluruh dunia apalagi untuk di Indonesia. Ragam minuman teh jumlahnya sangat besar dan bisa diracik dengan kombinasi bahan-bahan alami seperti salah satunya adalah mencoba membuat menu minuman teh yang sifatnya agak lain yaitu the pandan wangi yang berasa nikmat dan wangi. Ingin mengetahui cara membuatnya di rumah, simak penjelasan kami di bawah ini :

Bahan-bahan yang diperlukan adalah : bubuk teh celup ceylon ( atau merek yang lainnya ), jahe dikupas serta daun pandan wangi secukupnya saja yang sudah dicuci bersih.

Cara membuat adalah : didihkan air, masukkan daun pandan dan jahe geprek, biarkan direbus selama kurang lebih 5 menit.

Kemudian masukkan teh celup dan didihkan sebentar saja sambil diaduk – aduk. Angkat dan saring ( masukkan ke dalam poci ). Teh pandan wangi siap di sajikan dalam kondisi tanpa gula.

Itulah cara praktis membuat minuman herbal teh pandan wangi yang nikmat beserta info tentang manfaat daun pandan wangi bagi kesehatan tubuh manusia.

Pandan wangi yang selama ini anda ketahui hanya sebagai fungsi pewangi makanan ternyata mempunyai segudang manfaat dan khasiat yang sangat baik bagi kesehatan (apalagi kecantikan tubuh manusia).

Baca Artikel Lainnya :

Maka dari itu, rajinlah membaca dan bertanya kepada ahlinya tentang beragam khasiat tanaman hias agar anda mengerti dan tahu bahwa di sekitar rumah anda banyak terdapat tanaman yang bisa dimanfaatkan bagi kesehatan.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *