Cara Membudidayakan Bunga Matahari

Cara Membudidayakan Bunga Matahari – Sebelum melakukan budidaya bunga matahari ada baiknya kita juga mengetahui langkah langkah yang harus dipahami sebelum melakukan budidaya. Berikut adalah langkah langkah untuk melakukan budidaya bunga matahari mulai dari mempersiapkan lahan sampai dengan panen bunga yanng dapat dimanfaatkan.

Untitled

Penyiapan lahan 

Lahan yang cocok untuk membudidayakan buah naga adalah tanah yang gembur dan memiliki unsuh hara yang tinggi. Selain itu pengairan dari lahan juga harus diperhatikan, jangan sampai tanah terlalu bkering, tetapi tanah harus selalu penuh dengan sinar matahari dan kondisi tanah penuh dengan air.

Pengenalan benih bunga matahari 

Ini merupakan proses yang sangat penting. Benih bunga matahari biasanya berukuran besardan mudah untuk dikenali, karena biasanya benih ini dikenal sebagai kwaci. Gambar di bawah adalah beberapa contoh dari benih bunga matahari.

Tunas Bunga matahari 

Letakkan pot penyemaian pada tempat yang hangat dan usahakan agar tidak terlalu terang. Lakukan penyiraman sebanyak 2 x sehari. Bila anda menanam pada media penyemaian lakukan penyiraman dengan menggunakan sprayer. Setelah berusia 3 – 4 hari benih tadi akan tumbuh karena benih akan memiliki akar selama beberapa hari tersebut.

Tunas Muda 

Sekitar 1 minggu kemudian akan terlihat tunas dari benih bunga matahari tadi. Biasanya tunas akan berukuran 5 cm. Setelah tumbuh tunas benih dapat dipindahkan dengan tidak merusak media, hal ini bertujuan agar tunas tidak bengkok. Penyemaian dalam rumah dapat mengakibatkan tunas bengkok karena sudah naluri dari tanaman untuk mencari sinarmatahari.

Apabila kita terlalu lama untuk memindahkan tunas akan mengakibatkan tunas bengkok, setelah itu tanaman bisa tumbuh tinggi namun kurus serta sangat rentan rusak saat di pindah ke lahan terbuka. Saat tunas dipindah usahakan agar tidak ada akar yang tertinggal karena akarbunga matahari bisa sangat panjang.

Bayi bunga 

Setelah di pindah ke lahan terbuka tutup tunas dengan botol plastik bekas air mineral agar tunas dapat terlindungi.

Bunga remaja 

Pada saat tunas sudah berubah menjadi bunga remaja lakukan perawatan yang intensif dengan memberikan pupuk serta membersihkan lingkungan dari gulma

Belajar bunga (sudah ada kelopak) 

Menjelang 3 bulan bunga sudah mulai mengeluarkan kelopak, pada masa ini bersihkankelopak yang ada di ketiak bunga.

Lulus bunga 

Pada masa ini bunga sudah mulai mekar dan siap utuk digunakan sesuai dengan kebutuhan.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *