Cara Memilih Barang Toko Kelontong Yang berkualitas Untuk Usaha

Jokowarino.ID – Kita tak asing lagi dengan kehadiran toko kelontong. Toko kelontong atau yang lebih dikenal dengan sebutan mini market merupakan sebuah toko kecil yang dikenal memiliki kemudahan akses umum dan sifatnya lokal.

Lokasi toko kelontong ini biasanya terletak di daerah yang cukup ramai seperti pinggir jalan, SPBU, hingga stasiun kereta api. Di daerah pemukiman pun tak jarang kita bisa menemui toko kelontong.

Untitled

Toko kelontong konvensional yang biasa kita temui di dekat rumah merupakan toko kelontong tradisional atau lebih akrab kita sebut sebagai warung. Sementara toko kelontong modern bisa kita temui dengan mudah juga seperti Indomaret dan 7-Eleven.

Bisnis toko kelontong nampak semakin hari semakin banyak peminatnya. Terlihat dari banyaknya toko kelontong modern yang membuka cabang di hampir setiap daerah yang memungkinkan dan potensial.

Untuk toko kelontong konvensional pun kita juga tak sulit menemuinya. Usaha ini semakin digemari oleh banyak orang lantaran keuntungannya yang cukup menggiurkan.

Bisnis toko kelontong modern mungkin menjadi pilihan sebagian orang yang memiliki modal cukup besar karena mengikuti sistem franchise, mereka sudah bisa memiliki sebagian kepemilikan dari toko kelontong tersebut dan keuntungannya seolah sudah pasti karena sistem ini secara tidak langsung juga menjual ketenaran nama jasa mereka.

Sementara bagi Anda yang tidak memiliki modal cukup untuk membuka toko kelontong modern, Anda bisa membuka toko kelontong konvensional yang masih banyak peminatnya karena dinilai lebih dekat dan lebih bisa dijangkau oleh masyarakat yang mungkin lokasi pemukimannya agak jauh dari keramaian.

Nah, untuk membantu Anda mempunyai toko kelontong yang efektif untuk dijalankannya sebuah bisnis, pemilihan barang merupakan salah satu aspek yang cukup penting untuk disiapkan.

Jangan sampai Anda menjual semua barang namun pada akhirnya barang tersebut tidak cepat laku atau memiliki perputaran barang yang sangat rendah.

Maka dari itu kami sajikan beberapa tips dan alternatif bagi Anda yang membutuhkan saran untuk memilih barang toko kelontong yang berkualitas.

Kelompokkan jenis-jenis barang yang akan dijual di toko Anda

Beberapa jenis barang yang sering diincar konsumen dari toko kelontong konvensional adalah kebutuhan pokok sehari-hari (beras, minyak goreng, garam, gula, gas), kebutuhan MCK (sabun mandi, pasta gigi, sikat gigi), produk makanan dan minuman instan, kebutuhan dapur, alat tulis, produk plastik, produk makanan ringan, produk sandal jepit, produk rokok, produk susu, produk obat, produk kebersihan, dan beberapa barang kebutuhan dasar untuk individu dan rumah tangga lainnya.

Pilih agen toko kelontong atau grosir sembako yang dikenal

Pilih agen toko kelontong atau grosir sembako yang dikenal cukup besar sehingga Anda bisa mendapatkan harga barang yang lebih rendah dan bisa Anda jual dengan harga kompetitif.

Mengisi stok produk dengan merek tertentu

Jika Anda berencana untuk mengisi stok produk dengan merek tertentu, pilihlah produk yang memiliki merek populer dan terkenal di kalangan konsumen Anda. Hal ini akan menjaga perputaran barang tetap tinggi.

Jika Anda berencana untuk mengisi stok kebutuhan pokok seperti beras dan gula yang kebanyakan tanpa merek, jangan langsung melakukan stok dalam jumlah banyak. Sebaliknya, batasi stok yang akan Anda simpan lalu ketika ada kenaikan permintaan, Anda baru menambah stok dari barang tersebut.

Baca Artikel Lainnya :

Itulah beberapa tips dan saran serta referensi bagi Anda yang berminat membuka usaha toko kelontong konvensional. Semoga dengan beberapa penjelasan singkat bisa membantu Anda mendirikan bisnis toko kelontong ini. Selamat berbisnis!

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *