Cara Memperbaiki Mesin Pompa Air

Cara Memperbaiki Mesin Pompa Air – Air merupakan salah satu kebutuhan pokok dalam hidup kita yang tidak bisa kita tunda. Tanpa air, kita tidak bisa melakukan pekerjaan kita sehari-hari bahkan kehidupan kita sebagai manusia pun terancam.

Kita mungkin bisa bertahan hidup tanpa makan selama 10 hari namun kita tidak bisa menahan haus dalam waktu yang sama.

Untitled

Kita membutuhkan air untuk hidup kita dan sebagai elemen pendukung kehidupan kita. Air sangat bermanfaat bagi hidup kita mulai dari memenuhi kebutuhan minum, mencuci pakaian, menyiram tanaman, sebagai pembangkit listrik, dan lain-lain.

Salah satu komponen yang membuat kita bisa mendapatkan air secara lebih mudah adalah pompa air. Pompa merupakan sebuah mesin yang mampu menggerakan fluida atau benda cair dari lokasi dengan tekanan rendah menuju lokasi dengan tekanan yang lebih tinggi.

Perbedaan tekanan inilah yang dijembatani oleh pompa untuk mengantarkan air hingga kita bisa mendapatkannya secara mudah hanya dengan membuka kran air di rumah.

Sayangnya, tidak semua dari kita memiliki kemampuan yang baik di bidang elektronik sehingga terkadang masalah pompa air rusak pun menjadi hal yang sangat mengganggu.

Padahal bisa saja penyebabnya cukup sepele dan penyelesaiannya pun bisa dilakukan meski tanpa memanggil tukang servis pompa air. Nah untuk membantu Anda yang mengaku sebagai pemula tukang servis pompa air, kami menyajikan beberapa referensi untuk Anda.

  1. Jika pompa air mati total, kemungkinan penyebabnya adalah saklar rusak, kabel putus, hingga gulungan dinamo yang terputus atau terbakar. Untuk kerusakan ini, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah cek bagian saklar apakah putus atau tidak. Jika masih bagus, cek bagian dalam pompa air. Untuk bisa mengecek bagian dalamnya, Anda memang harus memiliki pengetahuan mengenai jalur gulungan tersebut.
  2. Jika pompa air mengeluarkan suara dengung atau derik, kemungkinannya adalah adanya kotoran maupun kerak yang menempel pada impeler maupun klahar dalam dinamo. Kemungkinan lainnya adalah rusaknya kapasitor nonpolar. Untuk memperbaikinya, cek arus dan tegangan yang men-supply pompa air. Jika kurang dari 200, coba gunakan stabilizer. Jika belum berhasil, coba bongkar blok dan bersihan impeler lantas putar-putar dinamo dan tutup kembali.
  3. Jika pompa air dalam keadaan menyala namun air tidak mengalir atau macet, kemungkinannya pompa tersebut kemasukan angin yang disebabkan oleh bocornya pipa penyedot. Kemungkinan lain karena penyaring sudah rusak atau hal yang lebih buruk lagi adalah impeler sudah tidak presisi. Jika begini, Anda harus cek pipa penyedot dan saringan pompa air lantas tata ulang kembali dan jangan lupa lekatkan supaya tidak ada angin yang masuk.

Baca Artikel Lainnya :

Itulah beberapa poin cara-cara mengatasi pompa air yang rusak berdasarkan jenis kerusakan yang terjadi pada pompa air.

Dengan mengetahui cara memperbaiki ini, tentu saja Anda akan lebih hemat dalam mengalokasikan dana perbaikan dan dana tidak terduga sehingga bisa digunakan untuk keperluan lain.

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *