Cara Mempercepat Pertumbuhan Sengon

Cara Mempercepat Pertumbuhan Sengon – Budidaya tanaman sengon telah diminati berbagai kalangan masyarakat Indonesia bukan hanya karena nilai ekonomisnya yang tinggi. Tetapi karena pertumbuhan tanaman tersebut cepat. Tanaman kayu yang dibutuhkan masyarakat luas menyebabkan banyak orang ingin lebih mempercepat pertumbuhan tanaman tersebut. Ada dua cara metode yang digunakan untuk mempercepat pertumbuhan tanaman sengon ini. Baik secara bioteknologi ataupun secara penanaman sederhana.

sengnn

Dengan menggunakan ilmu bioteknologi ada 3 metode yang dapat digunakan dalam mempercepat pertumbuhan tanaman sengon, yaitu:

  • Dua gen yang dilakukan melalui transgenik. Peran dua gen yang terpenting dalam metode ini: Xyloglucanase, Cellulase. Dengan dua gen tersebut meningkatkan kadar selulosa dan mempercepat pertumbuhan. Dalam waktu 3 bulan daun tumbuhan transgenik sengon akan lebih lebat dan lebar daripada daun sengon umumnya.
  • Metode insersi dengan mecocokkan kandungan basa gen dan mentransfer 2 gen utama dalam mempercepat pertumbuhan sengon.
  • Kalus embriogenik untuk menghasilkan sejumlah individu baru dengan cepat dan banyak. cara ini seperti kloning dengan bagiian dari tumbuhan dapat mempercepat pertumbuhan tanaman sengon.

Cara lain yang lebih sederhana untuk mempercepat pertumbuhan tanaman sengon dapat melalui perawatan tanaman tersebut. hal-hal yang dapat dilakukan para petani untuk mempercepat tanaman sengon, adalah:

  • Membersihkan rumput/semak-semak yang ada disekitar media tanam (bila ada). Hal ini dilakukan sebelum menanam tanaman tersebut.
  • Tanah yang sudah dibersihkan lalu diolah dengan baik dengan memasukan daun/semak yang kering agar menjadi pupuk kompos bagi tanah . Biasanya tanah akan menjadi lebih subur.
  • Setelah kurang lebih 2 bulan, buatlah lubang ukuran 60x60x60cm dan jarak tanam kira-kira 4x4cm. Dalam lubang tersebut masukan pupuk kandang kotoran ayam. Diamkan dan biarkan terkena cahaya matahari/hujan.
  • Setelah 1 bulan, berilah bibit sengon pada lubang tersebut. jika tanaman terkena penyakit karat puro atau tumor setelah tumbuh. Lebih baik ditebang lalu berilah obat pada bekas penyakit setelah ditebang.

Selain perhatikan kebutuhan cahaya sengon, karena sengon sangatlah membutuhkan cahaya untuk mengoptimalkan pertumbuhan pohon tersebut. Bila tanaman sengon terhalangi oleh tumbuh-tumbuhan yang menaunginya, hal ini akan menghambat kecepatan pertumbuhan tanaman tersebut. Oleh karena itu diperlukan perawatan dan perhatian khusus agar pertumbuhannya tidak terhambat.

br/>

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *