Cara Memperlakukan Anak yang Tidak Menghargai Orang Lain

Anak harus diajari rasa hormat serta menghargai orang lain di sekitarnya sejak usia dini, agar pembentukan karakternya ketika dewasa nanti menjadi baik. Saat ini, banyak anak-anak yang hanya menghargai Anda sebagai orangtuanya saja. Namun tidak menghargai orang lain di sekitarnya seperti saudara, teman, dan tetangga.

Mungkin bagi Anda yang sudah menjadi orangtua, tentu tidak ingin anak hanya menghargai kedua orangtuanya saja. Melainkan, menginginkan anak untuk menghargai orang-orang lain di sekitarnya juga.

p 38

Lalu bagaimana memperlakukan anak yang tidak menghargai orang lain? Banyak cara yang dapat dilakukan oleh Anda, untuk mengajarkan buah hati menghargai orang lain sejak usia dini. Berikut beberapa cara memperlakukan anak yang tidak mau menghargai orang lain disekitarnya;

Mengakui kesalahan anak; Ketika anak menunjukan tindakan yang tidak menghargai orang lain dan membuat orang tersebut marah. Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah meminta maaf dan mengakui ketidak sopanan yang diperbuat oleh anak, namun tanpa menyalahkan tingkah anak.

Seperti ketika anak berbicara kasar kepada orang yang lebih dewasa, jangan langsung memarahinya. Namun, coba tanyakan terlebih dahulu kenapa ia bisa melakukan tindakan itu.

Memberikan contoh kepada anak; Jadilah contoh yang baik di depan anak dalam menghargai orang lain. Jika Anda selalu menghargai orang lain, maka anak dengan sendirinya akan mengikuti cara menghormati orang lain yang Anda tunjukan.

Sedangkan, jika Anda tidak pernah menghormati atau berbuat kasar kepada orang lain. Anak akan lebih mudah meniru prilaku Anda, dan mempraktekkannya ketika bertemu orang lain.

Bersikap bijak; Saat anak melakukan tindakan yang tidak menghargai orang lain, segera berikan nasehat dengan bahasa anak-anak.

Sehingga, anak akan mengerti tindakan yang ia lakukan tidak menghargai orang lain dan anak akan secepat mungkin merenungkan kesalahannya tersebut dan meminta maaf kepada orang yang tidak dihargainya.

Berikan kesempatan berpendapat; Ketika anak melakukan tindakan yang tidak menghargai orang lain, berikan kesempatan kepadanya untuk menjelaskan kenapa sampai melakukan tindakan tersebut.

Hargai pendapat yang disampaikan oleh anak, meski pendapat yang disampaikannya menurut Anda tidak 100% benar. Berikan bimbingan mengapa tindakannya tadi sangat tidak baik, dan berikan bimbingan dengan kasih sayang.

Berikan penghargaan; Ketika anak mulai mengerti arti pentingnya menghargai orang lain, berikan penghargaan kepadanya. Seperti memberikan pujian, ucapan selamat, atau memberikannya dukungan.

Berikan sanksi; Jika anak Anda tidak mau meminta maaf, cara paling mudah adalah dengan melarangnya keluar rumah hingga anak mau mengakui kesalahannya dan meminta maaf. Cara ini sangatlah efektif, karena anak akan merenungkan kesalahannya dan mengakui kesalahannya yang tidak menghargai orang lain.

Baca Artikel Lainnya :

Ciptakan rasa menghargai orang lain menjadi kebijakan yang wajib dipatuhi, dan berlakukan konsekuensinya ketika kebijakan tersebut tidak dilaksanakan oleh anak Anda.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *