Cara Memulai Usaha Budidaya Ikan Nila

Cara Memulai Usaha Budidaya Ikan Nila – Ikan merupakan salah satu binatang yang seringkali menjadi kegemaran dan juga favorit bagi para pecintanya. Pecinta dari ikan sendiri memang beragam jenis dan bentuknya, ada seseorang yang menyukai ikan karena untuk memuaskan hobi memancing, ikan yang digemari oleh para penggemarnya karena memiliki Nilai estetika tinggi dan yang paling banyak adalah ikan yang disukai oleh para masyarakat karena telah diolah sebelumnya.

Untitled

Melihat prospek akan ikan yang selalu tinggi dan mengalami kemajuan maka tidak ada salahnya untuk mencoba peruntungan dengan cara berusaha membudidayakan ikan. Salah satu budidaya ikan yang menjanjikan adalah budidaya ikan Nila yang tidak membutuhkan keahlian besar tetapi menghasilkan untung yang luar biasa. Bagi Anda yang memang tertarik dalam bisnis perkembangbiakan ikan ini pasti sudah tahu mengenai sepak terjang dari keberadaan ikan Nila dan sedikit memiliki pengetahuan pula mengenai bagaimana merawat ikan Nila secara umum.

Berikut ini adalah beberapa langkah mudah yang dapat Anda lakukan untuk membudidayakan ikan Nila yang mudah dan tidak membutuhkan banyak tenaga. Beberapa langkah mudah untuk memulai usaha ini diantaranya adalah mengetahui bagaimana sumber air yang digunakan untuk memelihara ikan Nila ini. Meskipun terlihat sepele, tetapi ikan ini tidak bisa cocok dengan semua jenis air. Ikan Nila ini memiliki ph tersendiri dalam menyesuaikan diri dengan kehidupannya termasuk air. Jika Anda tidak memperhatikan kualitas air yang digunakan maka bisa jadi ikan peliharaan dari Nila Anda akan mengalami kerugian dan mati karena tidak cocok dengan lingkungan.

Selain faktor air yang perlu Anda perhatikan dalam melakukan budidaya ikan ini, terdapat pula faktor lain seperti mengenai ketinggian dari lokasi budidaya ikan yang satu ini. ikan Nila ini sangat cocok bila dibudidayakan pada air yang memiliki tinggi sekitar 500 meter di atas permukaan. Hal ini berfungsi dalam rangka menjaga keseimbangan suhu dan kesesuaiannya dengan air yang berada di habitat alami dari ikan Nila itu sendiri.

Faktor ketiga yang perlu Anda perhatikan pula yaitu mengenai ketinggian akan kolam dengan ukuran yang dimiliki oleh ikan. Jika Anda ingin memelihara ikan dengan bibit yang bisa dikatakan kecil maka ketinggian yang dapat Anda berikan kepada ikan ini adalah sekitar 40 hingga 50 centimeter. Hal ini memiliki maksud dan tujuan agar kolam ikan yang Anda pelihara tidak akan meluap jika terjadinya banjir atau juga hujan dengan intensitas tinggi.

Faktor keempat yang perlu Anda perhatikan adalah mengenai kondisi udara yang berada di kolam tersebut. Karena bisa disebut sebagai berada di alam yang merupakan buatan, maka Anda perlu pula menambahkan udara atau oksigen ke dalam kolam yang sedang Anda buat. Dalam rangka menambahkan oksigen maka Anda bisa menggunakan aerator sebagai salah satu upaya dalam memberikan udara yang cukup bagi si ikan.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *