Cara Menangani dan Mengobati Gusi Bengkak

Cara Menangani dan Mengobati Gusi Bengkak – Meskipun zaman sudah modern, masih ada saja orang yang terserang penyakit Gingivitis atau lebih dikenal dengan sebutan gusi bengkak.

Penyakit ini terlihat biasa, tapi sakitnya itu bikin nyeri, membuat bau tak sedap di mulut, bahkan bisa membuat tak bisa tidur.

qq

Biasanya disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat misalnya makan – makanan yang manis, kurang vitamin C bahkan karena pemasangan kawat gigi yang terlalu rapat, tapi bisa juga karena sikat gigi yang kurang teratur. Berikut ini saya bagikan tips untuk mengobati dan mengatasi gusi bengkak :

Garam

Salah satu bumbu masak yang rasanya asin ini, bisa digunakan untuk mengobati gusi bengkak dengan cara berkumur 2-3 kali sehari kemudian di bilas dengan air bersih.

Daun Sirih

Tumbuhan obat ini bisa juga untuk mengobati gusi bengkak, caranya rebus 10 helai daun sirih dengan kunyit dan garam secukupnya serta 500 CC air hingga mendidih, kemudian saring  dan sarinya digunakan berkumur atau langsung diminum.

Lada hitam dan minyak cengkeh

Lada hitam dan minyak cengkeh dipercaya dapat meredakan rasa nyeri setelah dioleskan pada area gusi yang bengkak.

Sikat gigi

Setiap hari diwajibkan untuk sikat gigi secara teratur, antara 2-3 x sehari apalagi sesudah sarapan dan sebelum tidur.

Selain untuk menjaga kebersihan gigi, bisa juga untuk mencegah penyakit gigi seperti gusi bengkak ini. Tapi, kalau sudah terlanjur, sikat giginya lebih dirutinkan ya, tapi tetap 2-3 kali sehari.

Baking soda / Hidrogen Peroksida

Salah satu bahan yang biasanya digunakan untuk membuat kue ini, bisa juga untuk membantu mengobati gusi bengkak, seperti digunkan untuk berkumur yang bisa mencegah penyakit semakin parah dan mengurangi rasa sakit, kemudian di bilas dengan air bersih.

Pijat gusi

Memijat gusi yang bengkak adalah salah satu alternatif sederhana untuk menghilangkan rasa nyeri. Jari telunjuk yang sudah dibersihkan bisa langsung memijat gusi yang bengkak secara perlahan.

Kompres

Gusi yang terasa sakit bisa di kompress menggunakan kain dan letakkan di pipi yang gusinya bengkak.

Demikian tips dari Saya, semoga manfaat.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *