Cara Mencegah Datangnya Mimpi Buruk Pada Bayi

Bayi seringkali terbangun dan disertai dengan tangisan. Selain karena lapar ataupun haus, mengalami mimpi buruk bisa menjadi salah satu penyebabnya.

Mimpi buruk yang dialami bayi tidak hanya mengganggu kenyamanan tidurnya saja, bahkan Anda pun sebagai orang tuatentu merasa terganggu dan kasihan dengan bayi Anda karena tidak dapat tidur dengan nyenyak.

s 97

Mimpi buruk pada bayi memang tidak berkaitan dengan masalah psikis, jadi Anda tidak perlu khawatir. Mimpi buruk sendiri dapat terjadi karena beberapa faktor seperti peristiwa-peristiwa sebelum tidur dan stress. Stress ini dapat dialami bayi jika bayi tidur seorang diri ataupun ketika bayi merasa kesakitan.

Untuk mencegah bayi Anda mengalami mimpi buruk, berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan.

  1. Melakukan rutinitas yang menyenangkan

Untuk mencegah mimpi buruk datang saat tidur, coba ubah rutinitas bayi menjadi lebih menyenangkan. Misalnya Anda dapat mendongengkan cerita yang menyenangkan seperti dongeng anak pengantar tidur ataupun dengan menyanyikan lagu pengantar tidur.

Dengan mendongeng dan menyanyi, bayi akan menjadi lebih rileks dan suasana hatinya akan menjadi lebih tenang sehingga mimpi buruk akan terhindar.

  1. Membuat suasana kamar yang nyaman

Suasana kamar juga dapat mempengaruhi tidur bayi. Jika suasana kamar sang bayi nyaman, maka tidurnya pun akan lebih nyenyak.

Susana nyaman dapat diartikan dengan suhu kamar yang tidak dingin dan tidak membuat gerah, penerangan yang cukup, wangi, dan pastikan terhindar dari serangan nyamuk.

  1. Membuat bayi tidur dalam keadaan yang nyaman

Pastikan bayi tidur dalam keadaan nyaman seperti tidak merasa lapar dan haus, popok sudah diganti, dan lain sebagainya. Alangkah lebih baik bila bayi mandi menggunakan air hangat pada sore harinya agar tidak merasa kegerahan.Selain itu juga ganti baju bayi agar lebih nyaman.

  1. Berdoa sebelum tidur

Walaupun bayi Anda belum bisa berbicara, namun Anda bisa membaca doa sebelum tidur untuknya. Selain itu juga ucapkan selamat tidur yang hangat untuk bayi Anda agar bayi Anda lebih rileks.

  1. Temani bayi ketika tidur

Baca Artikel Lainnya :

Terkadang  bayi terbangun karena ia merasa kesepian, jadi alangkah lebih baik jika Anda tidur bersama bayi Anda. Namun jika sulit, Anda dapat memastikan bayi Anda tidur dengan aman dan nyaman sebelum Anda meninggalkannya.

 

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *