Cara Mencegah Terkena Diabetes Mellitus atau Kencing Manis

Cara Mencegah Terkena Diabetes Mellitus atau Kencing Manis  – Penyakit diabetes mellitus atau kencing manis tidak mengenal usia, baik yang masih muda maupun orang tua dapat terserang penyakit ini. Penyakit ini ditandai dengan adanya peningkatan kadar gula dalam darah yang tinggi..

Untitled

Diabetes mellitus juga dikatakan sebagai keadaan hiperglikemia kronik yang disertai berbagai kelainan metabolik akibat gangguan hormonal sehingga menimbulkan berbagai komplikasi kronik pada mata, ginjal serta  pembuluh darah.

Jenis penyakit diabetes ini terdari 2 macam yaitu diabetes mellitus tipe I dan diabetes mellitus tipe II. Tipe I disebabkan karena faktor genetis sehingga pankreas tidak bisa memproduksi insulin sehingga gula darah tidak bisa masuk ke dalam sel. Tipe I ini membutuhkan penyuntikan insulin. Sedangkan tiabetes mellitus tipe II dikarenakan oleh adanya gaya hidup yang tidak sehat.

Kebiasaan-kebiasaan yang dapat menjadi penyebab penyakit diabet adalah

Konsumsi teh manis

Manis dalam teh menunjukkan bahwa gula dalam air the itu tinggi.  Asupan gula yang tinggi dapat menyebabkan kadar gula darah menjadi tinggi serta dapat menyebabkan risiko kelebihan kalori. Satu gelas tes 250-300 kalori atau tergantung kepekatan gula yang ditambahkan.

Pada umumnya wanita dewasa rata-rata membutuhkan kalori sebesar 1.900 kalori per hari (tergantung aktivitas yang dilakukannya). Teh manis saja kalorinya sudah tinggi belum ditambah makan 3 kali nasi sehari serta lauk pauk. Dapat kita kalkulasikan bahwa kita kelebihan kalori yang berujung dapat menyebabkan obesitas serta diabetes mellitus.

Pengganti: minumlah air putih atau the tanpa gula, batasi konsumsi gula berlebih. Air putih, teh tanpa gula, atau batasi konsumsi gula tidak lebih dari dua sendok teh sehari.

Konsumsi gorengan

Makan gorengan kita tidak cukup satu karenaa bentuknyayang  kecil. Perlu anda ketahui bahwa gorengan merupakan salah satu pemicu yang menyebabkan penyakit degenerative misalnya kardiovaskular, stroke dan diabetes mellitus. Penyakit kardiovaskular (PKV) ini disebabkan oleh  adanya penyumbatan pada pembuluh darah koroner karena dislipidemia.

Dislipidemia merupakan kelainan metabolisme lipid yang disertai adanya peningkatan kadar kolesterol total, trigliserida LDL (kolesterol jahat) dan penurunan kadar HDL (kolesterol baik) dalam darah. Tingginya dislipidemia karena kebiasaan mengonsumsi makanan dengan rendah serat serta lemak yang tinggi, contohnya adalah gorengan.

Pengganti: konsumsi kacang Jepang atau pie buah.

Suka ngemil

Ngemil merupakan hal yang kita sering kita lakukan. Camilan yang kita konsumsi adalah snack biskuit. Hampir semua makanan mempunyai kandungan glikemik indeks tinggi yang dapat menaikkan kadar gula dalam darah.

Pengganti: Ganti camilan anda dengan buah potong segar.

Kurang tidur

Kurang tidur atau kualitas tidur yang baik tidak didapatkan akan menyebabkan metabolisme dalam tubuh kita jadi terganggu. Berdasarkan hasil riset ahli dari University of Chicago menyatakan bahwa kurang tidur selama 3 hari berturut-turut mengakibatkan kemampuan tubuh dalam memproses glukosa menurun drastis. Hal ini berarti adanya risiko diabetes meningkat.

Solusi: Dalam sehari anda harus tidur  tidak kurang dari 6 jam sehari atau sebaiknya 8 jam sehari.

Malas beraktivitas fisik

Malas olahraga atau beraktifitas fisik memicu adanya obesitas yang nantinya dapat menyebabkan terkena diabet mellitus.

Solusi: Bersepedalah jika anda ke kantor.

Sering stres

Ketika stres produksi hormon epinephrine dan kortisol akan naik sehingga gula darah naik serta ada cadangan energi untuk beraktivitas.

Solusi: Bicaralah atau ceritakan masalah anda pada sahabat terdekat sehingga dapat mengurangi beban.

Kecanduan rokok

Penelitian di Amerika menyebutkan bahwa perokok aktif yang tekena diabetes naik sebesar 22 %. Selain rokok penyakit ini juga disebabkan karena lifestyle tidak sehat (pola makan dan olahraga yang tidak benar)

Pengganti: Konsumsi permen bebas gula.

Baca Juga :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *