Cara Menciptakan dan Membuat Fitur Related Post Pada Blog

Cara Membuat Related Post – Related Post merupakan sebuah fitur blog yang dapat dimanfaatkan untuk menampilkan artikel terkait dari artikel yang sedang dibaca atau dikunjungi oleh visitor.

1

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan daya tarik visitor untuk membaca artikel lainnya yang sesuai dan juga berkaitan dengan pembahasan yang ia baca di suatu halaman blog.

Artikel terkait juga bisa dikatakan sebagai artikel tambahan yang disisipkan dalam sebuah blog dengan memanfaatkan tag atau label dari artikel yang dibuat tersebut sehingga masing-masing artikel yang memiliki label sama akan saling berhubungan antara satu dengan lainnya.

Misalnya pada artikel yang membahas mengenai dunia kerja, maka berikanlah label atau tag “Kerja” pada setiap artikel mengenai dunia kerja yang Anda buat supaya masing-masing artikel nantinya akan berkaitan.

Jadi pada saat pengunjung membuka artikel 1 yang membahas mengenai dunia kerja, maka akan muncul artikel terkait mengenai dunia kerja yang ada di artikel lainnya karena terhubung dengan label yang Anda buat. Selain ditujukan untuk menarik minat baca bagi setiap pengunjung, Related Post juga digunakan untuk menambah daya tarik tampilan blog yang Anda kelola.

Bahkan penggunaan fitur Related Post juga efektif dilakukan untuk menunjukkan berbagai macam artikel atau postingan menarik yang bisa dibaca oleh para pengunjung.

Dengan memasang label dan memanfaatkan fitur ini pada blog yang Anda punya, tentu saja traffic kunjungan blog akan terus meningkat dan berbagai artikel yang Anda buat akan semakin rajin dikunjungi oleh visitor yang tertarik dengan topic atau label artikel yang Anda gunakan.

Untuk memanfaatkan fitur Related Post pada blog yang Anda punya, maka simaklah beberapa step by step di bawah ini.

  1. Masuk ke menu template, pilih Edit HTML.
  2. Sebelum mengedit template, ada baiknya Anda melakukan Backup Template untuk menyimpan settingan default dari blog yang Anda miliki.
  3. Tekan CTRL + F di keyboard untuk mencari kode </head>.
  4. Letakkan script settingan Artikel Terkait di atas kode tersebut untuk mengatur Related Post yang bisa diedit melalui CSS.
  5. Tekan CTRL + F dari keyboard lagi untuk mencari kode <data:post.body/> dan masukkan script di bawah kode tersebut.
  6. Simpan pengaturan yang tadi dan lihat hasilnya.

Dalam memanfaatkan fitur yang satu ini, jangan lupa lakukan penamaan label dengan benar. Misalnya dalam satu artikel terpasang dua label yang berbeda, misalnya “Kerja” dan “Online”.

Supaya Related Post atau artikel terkait yang berhubungan dengan artikel tersebut bisa muncul, maka artikel yang lain pun harus diberikan label yang sama, yaitu “Kerja” dan “Online”, tidak bisa hanya satu label saja. Demikianlah tata cara membuat Related Post yang bisa Anda praktekkan, semoga bermanfaat!

Baca Juga :

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “Cara Menciptakan dan Membuat Fitur Related Post Pada Blog

  1. Pingback: Bagaimana Cara Memanfaatkan Forum untuk Media Promosi? | Joko Warino Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *