Cara Menciptakan Lingkungan Bersih dan Sehat

Cara Menciptakan Lingkungan Bersih dan Sehat – Setiap hari secara sadar atau tidak, setiap orang wajib menjaga lingkungan hidup, entah itu pada lingkungan keluarga ataupun masyarakat. Dimana sebuah lingkungan yang mempunyai standar layak ialah yang bersih dan juga sehat.

Untitled

Bersih pun harus sehat, dan dari menjaga sisi kebersihan, mampu menjadikan sebuah kesehatan lingkungan itu sendiri. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa menjaga kriteria lingkungan yang bersih tidaklah mudah, apalagi di beberapa lokasi yang tidak memungkinkannya, seperti rumah yang dekat dengan jalan raya, yang memungkinkan debu dan polusi mengotori lingkungan rumah dan sekitar.

Sebenarnya, menjaga kebersihan dari yang paling awal ialah dari diri sendiri, yang membiasakan diri untuk menjaga kebersihan pribadi hingga menuju ke lingkungan yang meluas. Seperti yang kita ketahui bahwa rumah haruslah dijaga oleh semua anggota keluarga yang dimulai dari diri sendiri. Namun, terkadang tidak setiap anggota paham dan sadar akan kebersihan lingkungan yang bisa memberikan dampak besar bagi kesehatannya.

Bilamana masing-masing keluarga tidak mampu menjaga kesehatan lingkungan rumah, setidaknya terdapat salah satu anggota yang bisa menghandlenya, seperti seorang ibu. Memang pekerjaan ibu terutama yang bertugas mengurus rumah tangga, haruslah menjaga kesehatan lingkungan sekitar rumah. Hal ini pun bertujuan untuk memberikan rasa nyaman dan senang berada di rumah. Selain itu, menciptakan lingkungan bersih sama dengan menjaga kesehatan semua anggota keluarga saat semua berada di rumah.

Dalam memulai menjaga kesehatan dan juga kebersihan di lingkungan rumah, bisa dimulai dari siapa saja pada bidang-bidang yang ringan hingga yang paling komplek, seperti:

  • Biasakan menyapu rumah setiap hari, untuk area dalam ruang bisa pagi, siang dan sore, sedangkan untuk halaman depan atau belakang bisa di pagi dan sore saja.
  • Membersihkan perabot rumah tangga, setelah selesai makan ataupun setelah memasak.
  • Membersihkan perabot lain seperti lemari, kursi, jendela, hingga beberapa sudut ruang setiap hari, sekali saja cukup.
  • Meletakkan pakaian yang kotor di tempat sendiri entah itu di kamar mandi ataupun di kamar tidur, yang mana pada keadaan kering, bila basar harus segera dicuci agar tidak menjamur.

Penjagaan seperti itu, merupakan langkah yang mudah dan biasanya dilakukan oleh seorang ibu rumah tangga di setiap harinya. Tetapi, mereka terkadang mereka kurang bisa menyelesaikannya karena kurangnya manajemen waktu. Sehingga, untuk mengurus kegiatan tersebut tidaklah harus dilakukan oleh seorang ibu atau istri. Di sini, seorang ibu harus mengajarkan pada anak-anaknya untuk menjaga lingkungan tetap bersih dan sehat, seperti mengajarinya dalam membersihkan rumah pada pekerjaan yang ringan, seperti menyapu, mencuci piring dan mencuci pakaiannya sendiri. Dengan begitu, pekerjaan rumah dalam hal menjaga kebersihan lingkungan dan kesehatannya dapat dilakukan oleh seluruh keluarga tanpa kecuali.

Baca Artikel Lainnya :

 

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “Cara Menciptakan Lingkungan Bersih dan Sehat

  1. Pingback: PT SHARP Electronics Indonesia Luncurkan AC dan Lemari Es Ramah Lingkungan | Joko Warino Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *