Cara Mencuci Tangan Yang Baik Dan Benar

Percaya atau tidak mencuci tangan adalah salah satu kegiatan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kita walaupun sangat jarang kita lakukan dengan benar.

Dari banyaknya hal yang dapat kita lakukan dengan menggunakan tangan, maka sudah pasti kuman- kuman yang ada ditangan kita pun sangat banyak dan sangat mungkin untuk mempengaruhi kesehatan fisik dan menjadikan kita sakit.

s 144

Untuk itulah kebiasaan mencuci tangan sebaiknya diajarkan kepada anak- anak kita sedini mungkin mengingat besarnya manfaat yang didapatkan. Dan beberapa cara untuk mencuci tangan yang baik dan benar adalah:

  1. Mencuci tangan di air mengalir

Tidak hanya mencuci tangan yang sebaiknya dilakukan pada air yang mengalir. Seperti misalnya mencuci baju ataupun mencuci piring sekalipun mungkin ada baiknya dilakukan pada air yang mengalir. Karena dengan menggunakan air yang mengalir, kuman ataupun kotoran yang kita buang akan langsung terbawa oleh arus air.

Berbeda jika kita mencuci pada air yang menggenang karena kuman atau kotoran yang kita buang akan terus ada ditempat yang sama dan besar kemungkinannya untuk kembali lagi pada tangan, pakaian, atau piring yang kita cuci.

  1. Menggunakan sabun yang tepat

Mencuci tangan dengan sabun anti septic adalah hal utama karena sabun anti septic dapat membunuh kuman- kuman dengan cepat. Keutamaan sabun anti septic inilah yang membedakannya dengan sabun lainnya terlebih jika kita menggunakan sabun mandi yang seharusnya digunakan untuk membersihkan tubuh.

Cepatnya sabun anti septic membunuh kuman sangat tepat mengingat kita terkadang mencuci tangan dengan terburu- buru dan ingin cepat selesai.

  1. Membersihkan punggung tangan, telapak tangan dan, sela- sela jari

Usapkan dan gosok kedua punggung tangan kita secara bergantian dengan sabun anti septic dengan merata sampai pergelangan tangan dan lakukan hal yang sama dengan telapak tangan dan sela- sela jari.

Sela- sela jari merupakan tempat yang sangat vital dan tempat banyak kuman mengingat kita sering melewatkannya saat mencuci tangan.

Selain itu membersihkan jari dengan cara memutar- mutarnya di telapak tangan yang lain juga sangat diperlukan guna membersihkan ujung jari dari kotoran yang menempel.

  1. Membersihkan kuku- kuku jari

Banyak dari kita yang sangat suka memelihara kuku. Namun ternyata banyak pula diantara kita yang memanjangkan kuku tanpa kita rawat dengan baik yang akhirnya kuku tersebut menjadi hitam serta menjadi sarang bagi banyak kotoran.

Dan mengguntingnya adalah salah satu cara terbaik agar kotoran- kotoran tersebut tidak masuk kedalam tubuh kita karena sentuhan langsung jari dengan makanan yang hendak masuk ke mulut.

Waktu yang tepat untuk menggunting kuku adalah sebelum mencuci tangan itu sendiri. Karena dengan begitu, sama saja kita telah memberikan perlindungan ganda untuk kesehatan tangan kita.

  1. Keringkan tangan dengan handuk bersih atau tissue

Mengeringkan tangan adalah salah satu faktor penting dalam menjaga kebersihan tangan setelah tangan dicuci. Karena terkadang kita asal menggunakan kain atau handuk untuk mengeringkan tangan.

Padahal kain atau handuk yang kotor adalah sarang kuman atau kotoran lain yang bisa menempel kembali ke tangan kita yang baru dicuci. Jadi lebih baik gunakan handuk yang masih bersih atau gunakan tissue untuk mengeringkannya.

Dan catatan lainnya, untuk mematikan keran kucuran air lebih baik kita juga menggunakan handuk atau tissue agar tangan kita tidak menyentuh keran air secara langsung. Keran air juga termasuk tempat dimana kuman banyak berada karena banyaknya tangan yang menyentuhnya.

Itulah beberapa cara yang mencuci tangan yang baik dan benar yang dapat kita lakukan agar kita mendapatkan hasil yang maksimal dan kesehatan tubuh kita terjaga.

Baca Artikel Lainnya :

Karena mencuci tangan adalah hal yang sangat ampuh menjaga kesehatan tubuh serta lingkungan jika kita lakukan secara rutin dan kita budayakan sejak dini kepada anak- anak kita. Semoga bermanfaat.

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *