Cara Mendapatkan Hasil Maksimal dari Ternak Ayam

Cara Mendapatkan Hasil Maksimal dari Ternak Ayam – Menjadi seorang Peternak, memanglah bukan sebuah profesi yang mudah. Apalagi ternak itu selalu berhubungan dengan mengurusnya setiap hati, dari mulai memberikan makan hingga membersihkan kotorannya.

Untitled

Sama seperti ternak Ayam, entah apa jenisnya, seperti Ayam kampung, Ayam petelur, Ayam bangkok, Ayam ketawa, dll. Diantara ke semua kategori tersebut, Anda bisa memilihnya sebagai salah satu hewan ternak yang menguntungkan, seperti pada pilihan Ayam kampung, dimana binatang ini mempunyai nilai jual tinggi dari telur hingga dagingnya. Tidak heran bukan, bila harganya jauh lebih mahal dari ayam potong biasa.

Ternak Ayam kampung akan lebih sukses bilamana diiringi oleh beberapa treatment. Karena secara pasti sebuah bidang ternak akan menghasilkan produksi yang lebih, dimana ternak Ayam ini mampu bertelur setiap hati dan tumbuh dengan subur, caranya ialah:

  • Pilihlah 10 Ayam kampung, 2 jantan dengan 2 betina dalam luas kandang 1,5×1 meter. Memang ruang yang sempit, agar mereka cepat gemuk dalam gerak yang tidak terlalu bebas.
  • Buatlah kandang yang mempunyai kaki, sehingga tidak berbatasan langsung dengan lantai, di atas kandang berilah alas tersendiri agar mudah dibersihkan kotorannya.
  • Memberikan pakan yang berkualitas, bisa sentrat khusus yang bisa dicampur dengan makanan lain, seperti dari daun pepaya.
  • Berikan air minum yang cukup sehingga tidak kekurangan air, campurkan pula vitamin ayam setiap 2 atau 3 hari sekali.

Langkah-langkah tersebut, hanya sebagian kecil perencanaan dari ternak Ayam itu sendiri. Selain itu, bisa pula memberikan kemudahan dalam hasil yang optimal. Apalagi setia hewan ternak memiliki jenis perawatan masing-masing, bila ingin produksi yang lebih, harus diiringi sebuah kiat-kiat khusus seperti beberapa proses awal hingga treatment setiap harinya. Sehingga, sekalipun Ayam tersebut masih kecil dan belum bisa diproduksi telur sampai dagingnya, Anda tetap mendapatkan produksi lain yang dapat dimanfaatkan.

Ketika seseorang memilih ternak Ayam dari bibit, pilihlah Ayam dari induk yang berkualitas, agar nantinya produksi yang diturunkan pun ikut bagus, bukan hanya dari harga beli murah. Memulai dari bibit ini pun akan jauh lebih baik dalam mendapatkan produksi. Perlu anda ketahui, bahwa Ayam merupakan salah satu binatang ternak yang bisa memberikan manfaat secara keseluruhan. Meskipun itu dari anak-anak Ayam yang masih kecil, yaitu dari kotorannya. Dimana dari kotoran tersebut bisa dijadikan sebagai pupuk alami, tetapi juga bisa menghasilkan ulat balap, berukuran kecil-kecil dengan cara jalan yang cepat.

Asal mula ulat balap tersebut ialah dari kotoran Ayam, jadi, bersihkan saja di setiap pagi dan perhatikan di sekitar kotoran tersebut, pasti akan ada ulat-ulat kecil. Pisahkan kotoran dan bisa untuk dijadikan sebagai makanan burung ataupun dijual pada penjual pakan burung. Jadi, ternak Ayam bisa menghasilkan keuntungan yang lebih, dari dagingnya hingga kotorannya.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *