Cara Mendeteksi Pecah Ketuban Sebelum Terjadinya Persalinan

Mau Tahu Tips Melahirkan Normal Tanpa Jahitan, ini Dia Penjelasannya – Ibu sekarang sudah memasuki trimester akhir kehamilan.

Tentu saja proses persalinan semakin dekat dan beberapa hal mesti dipersiapkan. Jika ibu ingin melahirkan dengan normal, terkadang setelah persalinan anda harus dijahit pada bagian area kewanitaan.

janin

Hal ini disebabkan robekan yang terjadi atau episiotomi, yaitu pengguntingan yang dilakukan untuk melebarkan jalan lahir bayi.

Hal ini sering ditakuti oleh para ibu hamil, akan tetapi jika hal tersebut harus dilakukan tentu saja anda harus menurut.

Biasanya dokter akan memberi anestesi lokal untuk meredam rasa sakit. Namun, anda tetap bisa untuk meminimalisir episiotomi hingga tidak perlukan.

Ada beberapa tips melahirkan normal yang bisa anda ikuti agar tidak perlu mendapat jahitan sesudahnya.

Siapkan kondisi kesehatan terlebih dahulu

Sebelum melakukan persalinan normal, ada baiknya anda menjaga kondisi kesehatan tubuh. Hal ini dimaksudkan agar ibu menyimpan banyak energi untuk persiapan persalinan.

Jika energi yang anda miliki cukup, tentunya episiotomi tidak perlu dilakukan karena proses persalinan berjalan lancar. Juga hindari kelelahan dan aktivitas berlebihan.

Melatih kondisi fisik dan mental

Sebelum melakukan persalinan normal, baiknya anda melatih kondisi fisik dan mental ibu terlebih dahulu. Pasalnya, keyakinan diri pada pikiran akan mempengaruhi proses persalinan.

Jika anda yakin, anda bisa lebih fokus saat menjelang persalinan normal. Kemudian melatih fisik bisa dilakukan dengan melakukan senam kehamilan dan pijatan perineum yang dilakukan untuk ibu hamil di trimester akhir.

Memang lebih baik dari jauh hari anda melatih supaya semakin matang saat melakukan persalinan nanti.

Gunakan aromaterapi

Saat persalinan normal akan berlangsung, anda bisa menggunakan minyak aromaterapi supaya ibu lebih rileks saat melahirkan.

Hal ini juga akan membantu meregangkan otot – otot dan meminimalisir perlunya jahitan sesudah melahirkan.

Jangan mengangkat bokong saat bersalin

Saat persalinan berlangsung, usahakan jangan mengagkat bokong anda untuk membantu anda mengejan.

Pasalnya, robekan pada daerah kewanitaan akan lebih lebar karena tidak adanya penyangga yang menyebabkan otot terkoyak.

Mengkonsumi raspberry tea

Pada tahap trimester akhir, anda disarankan untuk meminum 2 cangkir the raspberry. Hal ini dimaksudkan untuk memaksimalkan peregangan kulit dari dalam dan membantu kontraksi.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *