Cara Mengajar Anak Belajar Membaca

Sebagai orangtua tentu menginginkan anak Anda dapat membaca dengan cepat, akan tetapi terkadang terdapat beberapa permasalahan yang menghambat proses anak untuk dapat membaca.

Baik dari diri Anda sendiri atau memang anaknya yang sulit karena lebih mementingkan bermain dari pada belajar membaca.

n 86

Sebenarnya, mengajari anak untuk belajar membaca merupakan proses yang sangat menyenangkan dan dapat mendidik orangtua serta anak itu sendiri.

Anda dapat mengajari anak belajar membaca dirumah, baik untuk memberikan anak Anda kelebihan sebelum mengenyam bangku sekolah atau menunjang proses belajarnya disekolah.

Hal-hal yang harus dihindari

Ketika mengajari anak belajar membaca, pastikan Anda menghindari melakukan beberapa hal ini:

  • Jangan sampai ketika sedang mengajari anak belajar membaca Anda merasa jenuh,
  • Jangan memaksakan anak untuk dapat membaca dengan cepat,
  • Jangan kaku atau tegang saat Anda mengajari anak belajar membaca,
  • Hindari menggunakan kata-kata yang sulit.

Bagi Anda yang sudah menjadi orangtua dan memiliki anak, tentu bertanya-tanya bagaimana cara mengajar anak belajar membaca yang paling mudah dan efektif. Mungkin beberapa cara yang sudah kami persiapkan dapat membantu Anda untuk mengajari anak belajar membaca.

Cara-cara mengajari anak belajar membaca

Berikut beberapa cara untuk mengajar anak belajar membaca, antara lain:

  • Membaca sambil bernyanyi: Mungkin mengajari anak belajar membaca sambil bernyanyi adalah cara yang paling mudah dan menyenangkan. Selain itu, cara ini sudah terbukti sangat efektif dan banyak diterapkan oleh orangtua.

    Anda dapat mengajari anak membaca huruf abjad sambil bernyanyi, mulai dari A sampai Z.

  • Membaca sambil bercerita: Selain mengajarkan membaca dengan bernyanyi, banyak orangtua memilih membaca sambil menceritakan buku bergambar untuk mengajari anaknya membaca.

    Tentunya buku dan cerita yang dibacakan harus sesuai dengan usia anak, agar dapat dimengerti dan dipahami oleh anak Anda.

  • Menggunakan karpet huruf: Saat ini, karpet bukan hanya berfungsi sebagai alas tempat duduk atau bermain anak saja.

    Melainkan dapat digunakan untuk media pembelajaran juga, karena karpet memiliki motif dan gambar yang bermacam-macam seperti alphabet, angka-angka, nama-nama binatang, nama-nama buah, dan sebagainya.

    Selain itu, warna yang menarik dan gambar yang lucu akan menjadi daya tarik anak untuk membaca. Cara ini banyak dipilih orangtua yang tinggal di perkotaan, karena lebih praktis dan anak dapat belajar membaca sambil bermain.

  • Menggunakan bantuan media elektronik: Banyak video atau film pembelajaran yang dapat membantu Anda dalam mengajar anak untuk membaca mulai dari angka, huruf, hingga kata.

    Anda hanya perlu mengunduhnya melalui internet atau membelinya ditoko-toko kaset. Cara ini lebih modern dari pada cara-cara yang lainnya, karena sangat praktis dan tidak membuat bosan anak. Sehingga anak Anda akan tertarik untuk belajar membaca.

    Baca Artikel Lainnya :

  • Menggunakan kartu bergambar: Mengajar anak belajar membaca menggunakan kartu bergambar atau flash card tentu saja akan menarik minat anak Anda.

    Karena anak akan tertarik dengan gambar, warna yang menarik, dan beranggapan jika Anda mengajak bermain dengannya. Anda bisa membeli kartu bergambar di toko-toko alat tulis atau dapat membuatnya sendiri.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *