Cara Mengajar Anak Gemar Menabung

Anak-anak dimanapun tentunya suka sekali jajan baik makanan, minuman, dan terutama paling sering membeli mainan. Hal ini dikarenakan anak-anak belum mengerti tentang nilai produktif dan sangat mudah sekali menghabiskan uang.

Sebagai orangtua tentu kita ingin memanjakan anak kita dengan memenuhi semua keinginannya atau membelikan banyak mainan yang mengandung unsur edukasi, namun jika terlalu sering membelikan mainan akan menghambat proses belajar sang anak.

o 22

Memberikan kasih sayang kepada anak, bukan hanya memberikan apa yang ia minta dan membelikan banyak mainan. Jangan sampai berpendapat asalkan anak senang, tanpa memikirkan akibatnya di masa mendatang.

Karena jika terlalu banyak memberikan mainan dan selalu menuruti keinginan, akan membuat anak tidak berpikir secara dewasa dan mengakibatkan anak tidak menghargai barang yang dimilikinya.

Banyak manfaat dan keuntungan mengajari anak menabung sejak dini antara lain mendidik anak untuk mengendalikan diri, memperhatikan apa yang diajarkan orangtua, mampu mengelola keuangan, dan mengasah kecerdasan anak untuk hemat dan menggunakan uangnya dengan bijak.

Jadi bagaimana cara mengajari anak gemar menabung? Ada beberapa cara untuk mengajari anaknya untuk gemar menabung, sehingga sang anak dengan senang hati menyisihkan uang jajannya untuk ditabung. Berikut beberapa cara untuk mengajarkan anak gemar menabung:

Jelaskan arti dan fungsi uang

Berikan penjelasan yang konsisten tentang arti dan fungsi uang kepada anak, tentunya dengan bahasa yang dimengerti oleh anak. Jika perlu jelaskan sambil memperagakannya, agar anak mudah mengerti.

Jelaskan juga jika mengelola uang, menyisihkan uang, dan menabung memberikan dampak positif baginya di masa depan. Menyisakan atau menyisihkan uang jajan untuk ditabung sangat bermanfaat saat kondisi penting, sehingga keuntungan menabung dapat diperoleh dalam jangka panjang.

Berikan contoh

sebagai orangtua, tentu tidak boleh hanya memberikan penjelasannya saja tanpa memberikan contoh.

Anak yang memiliki orangtua yang hobby berbelanja, pastinya akan lebih sulit diajari untuk berhemat dari pada anak yang memiliki orangtua yang tidak terlalu gemar berbelanja. Sehingga gaya hidup orangtua sangat berpengaruh terhadap kebiasaan sang anak.

Ajarkan anak untuk membuat daftar belanja

Untuk dapat membuat daftar belanja, anak wajib dibimbing dan didampingi oleh orangtua. Dengan begitu anak memahami mana yang diutamakan dan dibutuhkan, bukan mengikuti keinginan. Sehingga anak akan terbiasa membuat daftar prioritas serta merancang daftar kebutuhannya saat dewasa.

Berikan celengan dan buka tabungan pribadi untuk anak

Setelah anak mengetahui tentang arti, fungi, dan mampu menyisihkan uang jajannya. Maka orangtua wajib memberikan sarana untuk menyimpan uang yang disisihkan oleh anak, baik berupa celengan atau tabungan di bank.

Sebagai langkah awal, lebih baik berikan anak celengan. Jika sudah berjalan dan konsisten, langkah selanjutnya yang harus dilakukan orangtua ialah membuka rekening pribadi untuk anak.

Baca Artikel Lainnya :

Tujuan untuk membuka rekening adalah mengajarkan anak untuk lebih disiplin dalam menyimpan uang, jangan lupa beri pengertian kenapa menabung di bank lebih aman dan menguntungkan.

Hal ini akan menambah motivasi anak untuk semakin giat menabung, apalagi buku tabungan tersebut diberi nama anak, sehingga anak akan semakin bangga dan senang.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *