Cara Mengajarkan Anak Rasa Harga Diri

Sebagai orangtua, Anda memiliki peranan yang sangat penting dalam membangun karakter anak. Karena tingkah dan laku yang dilakukan oleh anak, akan meniru kedua orangtuanya. sehingga, diperlukan persiapan dan kesigapan orangtua dalam membentuk karakter anak.

Jika Anda selalu memberikan contoh hormat kepada orang lain, secara tidak langsung Anda sudah mengajarkan rasa harga diri kepada anak.

p 85

Jika anak sudah mengetahui rasa harga diri sejak usia dini, anak akan selalu menghargai diri sendiri dan orang lain di sekitarnya. Selain itu, dengan menjunjung rasa harga diri anak akan mengetahui jika dirinya penting dan diakui keberadaannya. Berikut beberapa cara mengajarkan anak rasa harga diri;

Berikan pengertian; Cara paling mudah dan efektif yang dapat Anda lakukan untuk mengajarkan anak rasa dharga diri adalah dengan memberikan pengertian kepadanya. Dengan begitu, anak akan mengerti kenapa harga dirinya harus dijunjung tinggi tanpa mengurangi harga diri orang lain.

Ketika memberikan pengertian, usahakan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan tentunya sesuai dengan usia anak. Sehingga anak dapat mengerti apa yang Anda jelaskan, memahami, dan melakukannya.

Berikan Contoh; Selain dengan memberikan penjelasan, Anda juga dapat mengajarkan anak tentang rasa harga diri dengan memberikan contoh. Seperti saat Anda memberikan hormat kepada orangtua Anda, orang yang lebih tua, atau orang lain yang Anda jumpai.

Dengan begitu, orang yang Anda hormati, akan merasa harga diri mereka dijunjung tinggi. Ketika anak melihat tingkah laku Anda, anak akan mengikuti dan melakukannya. Sehingga anak akan menghormati harga diri orang lain, dan orang lain akan menghormati harga diri anak Anda.

Berikan dukungan; Ketika anak mulai mengenal dan menjunjung tinggi rasa harga diri baik pada dirinya sendiri atau orang lain, berikan dukungan kepada anak dengan ekspresi bangga kepadanya setiap saat. Beritahu kepada anak, jika Anda bangga terhadap apa yang dicapai olehnya.

Berikan nasehat; Ketika anak melakukan kesalahan dan tidak menjunjung rasa harga diri, coba tanyakan apa yang membuatnya melakukan hal tersebut.

Jika anak melakukan hal tersebut karena ejekan atau julukan yang kurang berkenan kepadanya, berikan penjelasan kepadanya untuk memaafkan dan memberikan motivasi agar berani untuk mengungkapkan keberatan atas ejekan atau julukan yang ditujukan kepadanya. Namun, tanpa adanya kekerasan dan ungkapan kata-kata kasar.

Pandang anak sebagai individu; Banyak diantara Anda, mungkin memandang anak bukan sebagai sosok individu melaikan menganggap mereka sebagai bagian dari Anda. Sehingga selalu menginginkan anak menjadi apa yang Anda inginkan, tanpa mempedulikan apa yang diinginkan anak.

Baca Artikel Lainnya :

Jangan bandingkan anak Anda dengan anak lain atau saudaranya, karena dapat membuat anak beranggapan jika harga dirinya tidak dihargai oleh Anda.

Demikian beberapa cara mengajarkan anak rasa harga diri yang dapat Anda terapkan kepada anak.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *