Cara Mengajarkan Arti Kegagalan Pada Anak

Seorang anak pasti akan selalu bagaimana caranya mendapatkan sesuatu yang diimpikan. Tidak jarang tiap percobaan yang sudah dilakukan selalu menemui kegagalan. Sayangnya, ketika kegagalan terjadi, sang anak biasanya akan menyerah dan kebanyakan berujung pada tangisan.

Jika keadaan seperti ini dibiarkan orang tua secara terus menerus, lambat laun sang anak akan hilang rasa kepercayaan dirinya. Karenanya, penting untuk selalu mengawasi anak ketika sedang berproses.

r 135

Seperti yang sudah sering didengar bahwa kegagalan merupakan langkah awal untuk sukses dalam mencapai sesuatu. Tentu saja hal tersebut harus dibarengi dengan pengetahuan yang layak.

Sayangnya, kebanyakan anak kecil tidak tau tentang ilmu untuk meraih sesuatu. Adalah tugas orang tua untuk selalu memberikan bimbingan dalam melakukan proses dan menjelaskan tentang arti kegagalan jika terjadi.

Cara mengajarkan arti gagal

  1. Tidak perlu menyalahkan

Sering kali orang tua menyalahkan anaknya karena mengalami kegagalan dalam mencapai sesuatu. Perlakuan seperti ini tidak bisa dibenarkan.

Alangkah baiknya jika orang tua memberi penjelasan tentang kesalahan yang dilakukan agar tidak mengalami kegagalan sehingga tujuannya tercapai. Berikanlah penjelasan untuk selalu mencoba agar menjadi pribadi pantang menyerah.

  1. Selalu memberi dukungan

Setiap usaha yang dilakukan berbuah kegagalan, seorang anak biasanya akan cepat putus asa. Jika keadaan seperti ini dibiarkan secara terus menerus, maka anak akan menjadi minder dan selalu pesimis dan akibatnya bisa terbawa sampai dewasa. karenanya, dukungan massif dari orang tua sangat diperlukan untuk menumbuhkan sikap pantang menyerah.

  1. Kegagalan adalah pembelajaran

Orang dewasa pasti akan mengerti bahwa setiap kegagalan yang dialami pasti akan memberikan pelajaran tersendiri dalam menghadapi suatu persoalan. Berbeda dengan anak-anak.

Pola pikir yang masih belum matang akan membuat anak sulit untuk menerima kegagalan. Memberikan penjelasan bahwa kegagalan merupakan proses belajar harus dilakukan oleh orang tua.

  1. Kegagalan adalah batu loncatan

Dengan karakternya yang masih belum bisa berpikir panjang, kebanyakan anak akan berpikir bahwa hanya dia satu-satunya orang yang tidak melakukan apapun.

Baca Artikel Lainnya :

Mentalitas seperti ini akan mengakar jika tidak segera ditangani dengan tepat. Berilah penjelasan bahwa siapapun pasti pernah mengalami kegagalan dan bantulah dia untuk bangkit dari kegagalan.

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *