Cara mengatasi anak malas makan

Pertumbuhan anak sangat dipengaruhi oleh konsumsi makanannya juga. Untuk itu asupannya tidak boleh dianggap sepele oleh orang tua.

g 92

Namun, terkadang anak mempunyai masalah sendiri untuk makan dan cenderung malas makan karena beberapa penyebab misalnya kehilangan selera makan, giginya sedang bertumbuh, pilek dan batuk, tidak nafsu makan, dan sudah memakan cemilan sebelum makanan utama.

Penyebab – penyebab berikut bisa saja mengganggu masa pertumbuhannya sehingga tidak maksimal.

Kecukupan gizinya sangat ditentukan oleh asupan makannya. Banyak orang tua yang sering mengeluh tentang susahnya anak untuk makan – makanan yang sehat seperti sayur dan buah.

Gangguan psikologis juga bisa menjadi penyebab susahnya anak untuk makan. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk mengatasi masalah anak yang malas makan.

  1. Gunakan variasi makanan. Orang tua patut mencoba dengan cara memberi pilihan menu makanan agar anak tidak bosan dengan makanan yang itu – itu saja. Hal ini dapat mengatasi kebosanan anak tentang makanan yang hanya itu – itu saja.
  2. Berilah reward. Coba berikan reward sebagai iming – iming jika anak sudah makan dengan benar. Hadiahnya tidak perlu berlebihan yang penting psikologis anak akan senang jika sudah makan.
  3. Ajarkan pola makan yang teratur. Pola makan yang teratur akan memicu psikologis anak untuk lapar pada saat waktu yang sudah ditentukan dan anak akan merasa lapar pada waktu tertentu.
  4. Libatkan anak anda saat ingin menyiapkan makanan. Coba ajak anak anda untuk ikut membantu dalam menyiapkan makanan. Anak akan mengerti dan seperti ikut berpartisipasi dalam membuat makanan yang dibuatnya. Tentunya anak akan lebih senang makan dengan hasil usahanya sendiri.
  5. Beri cemilan sehat. Cemilan – cemilan yang sehat akan menambah nafsu makan untuk makanan hidangan utama. Berilah cemilan seperti bolu coklat, atau kue dari buah.
  6. Buatlah suasana menyenangkan saat makan. Hindari gaya mengancam jika anak malas makan karena akan menimbulkan trauma psikologis bagi anak.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *