Cara Mengatasi Anak yang Susah BAB

Susah BAB merupakan masalah yang umum terjadi pada anak-anak. Pada bayi yang berusia kurang dari 2 tahun, susah BAB biasanya disebabkan karena kurang minum. Untuk mengatasi susah BAB, ada beberapa tips yang bisa dicoba. Berikut adalah tips-tipsnya :

s 142

  • Berikanlah asupan serat yang cukup.

Asupan serat yang cukup pada anak akan membuat saluran pencernaannya berjalan lancar. Perhatikanlah apakah anda mengonsumsi buah-buahan dan sayuran segar dalam jumlah yang cukup.

Apabila anak anda masih bayi dan masih menyusu, sebaiknya anda mengonsumsi serat harian dalam jumlah yang cukup agar air susu yang dikonsumsi bayi juga memiliki kandungan serat yang cukup. Jangan memberikan keju dan daging pada saat anak anda susah BAB.

  • Tambahkan asupan cairan.

Cairan dibutuhkan oleh anak-anak sehingga mereka tidak susah buang air besar. Terkadang anak-anak sulit diajari minum. Untuk mengatasinya, anda bisa memberikan jus buah seperti jus jeruk, apel, alpukat, dan lain-lain agar lebih menarik bagi mereka.

Namun anda harus tetap memastikan bahwa mereka mendapatkan asupan air putuh juga agar bisa buang air besar dengan lancar.

  • Latihan olahraga.

Anak-anak membutuhkan olahraga atau latihan fisik lainnya agar lebih bugar. Dengan demikian usus akan bergerak alami yang pada akhirnya akan memperlancar sistem pencernaan.

  • Beri asupan probiotik.

Makanan yang mengandung probiotik akan membuat pencernaan lancar sehingga masalah susah buang air besar pada bayi dan anak anda dapat teratasi.

  • Mandi dengan menggunakan air hangat.

Hal ini terdengar tidak berhubungan dengan mengatasi susah buang air besar pada anak. Namun, mandi dengan menggunakan air hangat bisa membuat otot otot menjadi rileks sehingga membuat buang air besar menjadi lebih lancar.

  • Melakukan terapi akupunktur.

Terapi akupuntur bisa menjadi alternatif pilihan untuk mengatasi susah buang air besar pada anak-anak. Pilihlah cara akupuntur yang nyaman bagi anak.

Baca Artikel Lainnya :

Caranya adalah dengan memijat perut bayi atau anak anda secara perlahan. Terapi akupuntur ini dapat anda coba untuk mengatasi susah buang air besar pada anak-anak.

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *