Cara Mengatasi dan Mengobati Mimisan Pada Anak

Cara Mengatasi dan Mengobati Mimisan Pada Anak – Mimisan atau yang dalam bahasa kedokteran disebut epistaksis adalah pendarahan yang terjadi didalam hidung dan kuluar dari lubang hidung dalam volume sedikit ataupun banyak.

Mimisan bisa terjadi pada siapa saja. Penyebabnya pun juga beragam. Namun mimisan lebih sering terjadi oleh anak-anak.

Untitled

Sebagian orang tua mungkin belum tahu apa yang harus mereka lakukan jika anak mereka mimisan. Berikut ini adalah cara mengatasi dan mengobati mimisan pada anak.

Untuk pertolongan pertama anda bisa menyuruh anak anda untuk duduk membungkuk kedepan dan bernafas melalui mulut.

Kemudian tekan cuping hidung selama 5 menit dan kompres tulang hidung dengan air es atau air hangat. Bila tak kunjung berhenti, disarankan untuk membawanya ke rumah sakit terdekat.

Cara mengatasi mimisan antara lain :

Daun sirih

Cara tradisional dengan menggulung daun sirih lalu masuka ke dalam hidung anak yang mimisan bisa menghentikan pendarahan. Hal itu terjadi karena daun sirih mengandung senyawa syptic yang bisa menhentikan pendarahan.

Serta seluruh tumbyhan sirih mengandung arecoline yang bisa merangsang saraf di pusat, meningkatkan kemampuan berfikir, dan mengurangi dengakuran.

Selain itu,daun sirih juga bisa disuling dan menghasilkan minyak sirih yang berguna untuk menyembuhkan radang selaput tenggorokan dan batuk.

Akupuntur

Akupuntur juga dapat mengobati mimisan pada anak. Setidaknya melakukan terapi akupuntur 3-6 kali seminggu untuk mempercepat proses penyembuhan.

Banyak makan sayur yang mengandung zat besi

Perbanyaklah makan sayur-sayuran yang berwarna hijau dan kaya akan mineral dan zat besi untuk mengurangi resiko terjadinya mimisan pada anak.

Selain itu,sayur-sayuran hijau juga bisa membantu peredaran darah agar tetap tenang dan lancar. Sayur-sayuran yang mengandung banyak zat besi antara lain bayam, sawi, kangkung, brokoli, dan masih banyak lagi.

Baca Artikel Lainnya :

Itu tadi adalah beberapa cara untuk mengobati dan mengatasi mimisan pada anak. Perlu diketahui bahwa mimisan juga bisa disebebkan factor eksternal dan internal.

Faktor eksternal adalah factor yang berasal dari luar contohnya benturan, kecelakaan ,dan jatuh. Faktor internal bisa disebebkan oleh keturunan atau kondisi tubuh sang anak. Semoga bermanfaat.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *