Cara Mengatasi Dehidrasi Kulit Pada Saat Berpuasa

Bulan puasa memang salah satu bulan istimewa bagi umat muslim, karena pada bulan ini merupakan bulan dimana seluruh umat muslim di dunia menjalankan ibadah puasa.

Ibadah puasa merupakan sebuah Ibadah dimana semua umat muslim diwajibkan untuk tidak makan dan minum serta segala hal yang membatalkan puasa dari terbit pajar hingga tenggelam matahari.

s 32

Puasa merupakan rukun Islam yang ke-3 dan wajib hukumnya di laksanakan selama 1 bulan di bulan Ramadhan, tentunya ada syarat dan ketentuan yang berlaku.

Saat berpuasa, kita tidak minum maupun makan dengan kurun waku kurang lebih 13 jam. Kondisi ini membuat tubuh menjadi dehidrasi atau disebut sebagai kurang cairan tubuh, hal ini tentu juga berpengaruh terhadap kulit yang juga akan mengalami dehidrasi.

Untuk mengatasi hal ini, ada 5 cara yang dapat dilakukan untuk dapat mempertahankan atau mengatasi dehidrasi pada kulit.

5 Cara Cegah Dehidrasi Kulit

  • Perbanyak minum air putih saat berbuka dan sahur

Minum air putih yang banyak dapat mencukupi kebutuhan akan asupan untuk aliran tubuh, bahkan saat melakukan ibadah puasa.

Selain dengan minum air, tentunya banyak mengkonsumsi buah dan sayur serta air infused sangat dianjurkan agar tubuh mendapatkan cukup cairan. Sebaiknya meminum air putih saja, jangan meminum soda karena dapat menjadi pemicu asam lambung.

  • Merawat kulit

Kulit kering karena dehidrasi adalah dengan melakukan peeling dan juga melembabkan kulit secara teratur, dengan cara menggunakan krim pelembab.

  • Jangan menggunakan make up tebal

Hindari menggunakan make up yang tebal, sina rmatahari yang menyengat dapat membahayakan kulit. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan sunblock. Untuk melembabkan kulit, dapat juga menggunakan BB cream atau lip balm.

  • Semprotan wajah

Gunakan semprotan vitamin untuk wajah agar kulit tetap lembab selama berpuasa, cara yang lebih efektif dapat dilakukan dengan menyimpan semprotan wajah di kulkas kemudian semprotkan sebanyak mungkin pada seluruh wajah. Cara ini dapat dilakukan untuk mendinginkan kulit dan menghindari dehidrasi sepanjang hari.

Baca Artikel Lainnya :

  • Mengemil

Saat berbuka puasa atau sedang sahur, usahakan untuk mencukupi dosis harian serat dan antioksidan dengan cara mengemil kacang-kacangan atau buah beri.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *