Cara Mengatasi Fobia Gelap

Cara Mengatasi Fobia Gelap – Acluophobia/ Nyctophobia merupakan istilah yang digunakan untuk menyatakan ketakutan yang hebat pada kegelapan maupun suasana gelap.

Untitled

Achluopobhia/ Nyctophobia atau fobia kegelapan merupakan j1 dari sekian banyak jenis fobia yang tingkat pengidapnya cukup banyak di dunia, mungkin salah satunya adalah Anda.

Penyebab fobia gelap

Fobia gelap seringkali penyebabnya adalah peristiwa traumatis yang terjadi sebelum mengalami fobia itu sendiri dalam kehidupan seseorang.

Tidak jarang seseorang yang mengalami fobia tidak bisa mengingat kejadian pertama ini. Kemungkinan besar justru menjadi bagian dari kenangan yang sudah terpendam di dalam pikiran bawah sadar untuk waktu yang cukup lama.

Kenangan tersebut terpendam dengan sistem represi di dalam dirinya. Dimana represi merupakan suatu mekanisme pelindung pikiran. Represi ini akan menjaga memori trauma keluar dari dalam pikiran sadar kita hingga kita mampu dan siap untuk menangani hal tersebut.

Cara mengatasi fobia gelap

Ada beberapa tahapan yang bisa dilakukan seseorang untuk menangani atau mengatasi fobia gelap antara lain seperti berikut ini:

  1. Pergilah ke ruangan yang gelap, dimana ruangan tersebut memiliki koridor cukup terang.
  2. Tutup pintu ruangan tersebut sedikit.
  3. Mulailah duduk sedikit menjauh dari pintu.
  4. Tarik napas secara perlahan kemudian buang hingga Anda bisa merasakan rileks.
  5. Mulai menutup pintu secara bertahap sambil melanjutkan langkah ketiga. Tetaplah rileks serta jangan merasa tegang.
  6. Ulangi langkah demi langkah di atas hingga Anda berhasil menutup pintu sepenuhnya di keadaan gelap.

Sebenarnya latihan semacam ini membutuhkan waktu yang tergolong cukup lama, namun dengan adanya kesabaran Anda tentu bisa berhasil menjalaninya sebaik mungkin.

Baca Artikel Lainnya :

Dengan begitu Anda sudah bisa secara perlahan terbebas dari rasa takut secara berlebihan pada suasana gelap. Kemudian Anda akan bebas saat berhadapan dengan kondisi gelap dimanapun Anda berada.

Namun jangan lupa untuk tetap waspada jika Anda berada di kondisi gelap yang ada di luar ruangan seperti jalanan sepi dan sejenisnya meskipun telah terbebas dari fobia, mengingat bahaya sekarang ini banyak mengintai di jalanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *