Cara Mengatasi Hama dan Penyakit Tanaman

aCara Mengatasi Hama dan Penyakit Tanaman – Hama ialah suatu atau jenis pengganggu yang mana kehadirannya dapat menyebabkan beberapa penyakit, seperti halnya hama pada tanaman. Dimana, setiap tanaman yang hidup di berbagai wilayah tak terlepas dari serangan hama tersebut hingga menumbuhkan berbagai penyakit yang siap dan tak siap akan menghancurkan suatu tumbuhan itu. Bahkan, hampir di beberapa tanaman pun terserang oleh sama hama yang sama. Berikut ini ialah beberapa nama dari hama tersebut beserta cara mengatasinya, diantaranya:

Tikus

Binatang yang satu ini merupakan salah satu hama yang sering kali mengganggu pertumbuhan tanaman, terutama pada padi. Dimana penyerangannya pun setiap saat tidak mengenal musim bahkan waktu. Untuk itu, Anda harus mengambil tindakan tepat seperti:

  • Membongkar lubang Tikus secara serempak. Bukan hanya menutupinya saja karena bisa digali kembali.
  • Menggunakan racun Tikus atau bisa disebut dengan rodentisida. Cara penggunaannya bisa diterapkan pada bagian lubang Tikus sebelumnya. Atau bisa di setiap sudut, karena lokasi tersebut lebih sering disukai oleh tikus.
  • Menyiapkan jebakan yang mana sebagian besar bagiannya tertutupi oleh kain ataupun daun, agar Tikus tak menyadarinya

Wereng

Hewan ini lebih kecil dan terlihat seperti Lebah yang pipih, berjumlah bergerombol dan juga bisa terbang. Efek yang ditimbulkan olehnya ialah daun-daun menjadi berlubang bahkan bisa menyerang seluruh daun hingga ke batang, bahkan menyebabkan tanaman tersebut mati. Berikut ini ialah beberapa upaya untuk menghandle hama itu:

  • Mengatur pola tanaman, dimana terjadi suatu penanaman secara giliran. Tujuannya ialah memutus rantai dari hama ini.
  • Menggunakan obat kimia atau pestisida. Usahakan terapkan obat ini secara seimbang saja, sehingga tidak berlebihan

Ulat

Binatang kecil nan berbulu ini pun menjadi hama yang ganas, karena menyerang ujung daun hingga batang tanaman. Dengan begitu, tanaman pun tak dapat tumbuh dengan maksimal bahkan mati dalam waktu dekat. Berikut ini ialah beberapa langkah pencegahan hama ini, yaitu:

  • Membuang telur-telurnya, yang biasanya terdapat di bagian bawah dari daun tanaman tersebut. Langkah ini dilakukan dengan memantau pertumbuhan tanaman sejak dini, sehingga telur itu tak menetas.
  • Pastikan air yang ada dalam lahan tersebut dalam jumlah yang banyak, sehingga secara langsung ulat akan naik ke atas dan bisa diambil satu persatu kemudian dibakar agar tidak hinggap kemana-mana.
  • Menggunakan pestisida, sebagai upaya akhir bilamana ulat tersebut tetap saja ada. Usahakan dilakukan pada sore ataupun pagi hari.

Dari beberapa hama di atas, ialah kategori masalah yang seringkali melanda para Petani. Untuk itu, bila tanaman tersebut ada di lahan yang luas bukan hanya milik satu orang, maka ajaklah para Petani yang lainnya untuk melakukan perawatan sekaligus pencegahan secara serempak. Sehingga, setiap lahan akan lebih maksimal dalam mendapatkan tanamannya yang terbebas dari hama dan penyakit yang dibawanya.

Baca Artikel Lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *