Cara Mengatasi Hama Keong Mas

Cara Mengatasi Hama Keong Mas – Keong mas merupakan hama yang saat ini sering membuat para petani resah , oleh karena itu untuk mengatasinya diperlukan ketekunan dan kegiatan rutin yang perlu dilakukan. Para petani memerlukan cara yang tepat untuk mengatasi dan memberantas hama yang satu ini. Hama keong mas dapat diatasi dengan beberapa cara yang mudah tanpa biaya. Namun juga ada beberapa penanganan yang memerlukan biaya dalam menangani hama yang satu ini. Tergantung dengan situasi populasi keong mas yang menyerang tanaman seberapa banyaknya.

keong mas

Terdapat beberapa tahap/cara untuk mengatasi hama keong mas ini secara sederhana dan mudah, yaitu:

  • Mengambil keong mas yang menempel pada tanaman pada saat dia masih bergerak aktif. Biasanya dilakukan pada pagi hari dan sore hari. Hal ini perlu dilakukan secara rutin.
  • Menggunakan tumbuh-tumbuhan yang mengandung zat berupa racun bagi hama keong mas tersebut. beberapa tanaman yang mengandung racun: Cabai merah, daun enceng gondok, daun jeruk, daun tembakau, makabuhay, dll.
  • Menggunakan atraktan yang menyerupai daun talas, pepaya, pisang, kertas koran untuk mengumpulkan keong tersebut. Diletakkan berjejer pada petakan sawah dengan jarak 1-2 meter dari umpan.
  • Mempertahankan air agr tidak tinggi melebihi 3 centimeter karena keong mas menyukai tanaman yang lembab atau dengan cara mengeringkan tanah.
  • Menggunakan teknik menanam mundur agar dapat mengawasi tanaman yang telah ditanam petani.

Cara lain untuk mengatasi hama tanaman yang satu ini adalah dengan membiarkan predator memangsanya atau memelihara predatornya agar populasi hama keong mas ini berkurang atau hilang dari lingkungan sawah. Dengan cara tersebut dapat mengimbangi jumlah populasi keong mas yang begitu banyak , jika para petani lelah mengatasi hama ini. Predator yang tepat untuk memberantas hama keong mas adalah burung, itik, kura-kura, ikan dan insekta. Pengendalian ini merupakan salah satu yang paling efektif untuk diterapkan petani serta tidak menimbulkan kerusakan pada tanaman yang ada.

Bila langkah-langkah diatas tidak berhasil, pergunakan pestisida yang dibeli pada tempat terpercaya dan diperlukan perhatian dalam penggunaannya. Agar tidak mengenai tumbuhan yang ditempeli hama tersebut dan tidak menimbulkan kematian pada tanaman yang sedang bertumbuh. Obat yang dapat digunakan untuk membunuh keong mas tanpa membunuh tanaman ataupun menimbulkan kerusakan lingkungan adalah tea seed meal yang mudah untuk ditemukan para petani dipasaran. Selain itu ditemukan bahan kimia yang ramah lingkungan merupakan gabungan dari asam anakardat dan ekstrak dari kulit buah jambu mete.

Baca Artikel Lainnya :

 

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *