Cara Mengatasi Hama Tikus pada Tanaman Padi

Cara Mengatasi Hama Tikus pada Tanaman Padi – Seperti yang kita tahu, tikus merupakan salah satu jenis hama yang sangat merugikan berbagai kegiatan usaha budidaya pertanian, tak terkecuali pada sektor lahan pertanian untuk tanaman padi.

Untitled

Tikus mengganggu tanaman padi sejak awal persemaian sampai hasil padi yang tersimpan dalam gudang. Hal ini membuat tikus menjadi suatu masalah dan musuh besar bagi setiap petani yang menanamkan padi ataupun hasil pertanian lainnya karena tikus dapat mengonsumsi berbagai jenis makanan sehingga rantai makanannya tidak pernah terputus dan perkembangbiakannya sangatlah pesat. Jika tidak ada upaya untuk mengatasinya, tentu saja berbagai bentuk kerugian akan semakin dirasakan.

Pola makan hama tikus

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tikus dapat memakan berbagai jenis makanan, mulai dari berbagai hasil pertanian seperti tebu, ubi jalar hingga kelapa bahkan berbagai jenis hewan seperti bangkai ikan, siput dan aneka serangga. Berbagai makanan yang bisa dikonsumsi hama tikus membuat perkembangannya selalu meningkat karena kebutuhan bahan makanan yang dibutuhkan selalu terpenuhi dari berbagai jenis makanan yang ada di sekelilingnya. Tikus cenderung mempunyai indera pendengaran, penciuman dan peraba yang sangat peka sehingga pergerakannya dalam mengerat berbagai hasil pertanian di malam hari bisa berjalan sempurna.

Kerusakan akibat hama tikus

Kerusakan yang diperbuat oleh hama tikus pada tanaman padi dan berbagai hasil budidaya pertanian lainnya sangatlah fatal. Pertama-tama, tikus akan menyerang batang padi sampai terpotong yang otomatis membuat pertumbuhan tanaman padi menjadi terganggu.

Hal ini dapat terjadi setiap malam dan satu ekor tikus diperkirakan mampu merusak tanaman padi sekitar belasan hingga ratusan batang tanaman padi. Bayangkan saja jika jumlah hama tikus mencapai puluhan atau ratusan, tentu saja kerugian yang sangat besar akan dirasakan oleh para petani.

Mengatasi hama tikus

Supaya berbagai masalah dan kerugian masa panen tersebut dapat dihindari, diperlukan penanganan dan pengendalian hama tikus yang tepat sedini mungkin, diantaranya yaitu:

  1. Sanitasi lingkungan.
  2. Lingkungan sekitar lahan pertanian seperti semak-semak dan rerumputan sebaiknya selalu dibersihkan.
  3. Bongkar tempat-tempat perlindungan yang menjadi sarang tikus supaya lingkungan lahan pertanian tidak menjadi sasaran pengrusakan yang dilakukan.
  4. Buat perangkap di beberapa titik untuk menjerat hama tikus.
  5. Lakukan monitoring bersama para petani lainnya untuk menghindari hama tikus yang merugikan.

Itulah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi dan menangani keberadaan hama tikus yang mengganggu sektor budidaya pertanian untuk tanaman padi. Apabila berbagai upaya tersebut dilakukan secara berkala dan dibantu oleh berbagai pihak secara serentak, maka masalah pengrusakan yang diakibatkan oleh hama tikus dapat dihindari dengan maksimal.

Lakukanlah berbagai pengamatan dan pantauan secara rutin sehingga populasi hama tikus benar-benar hilang dan tidak menyebabkan kerugian masa panen di kemudian hari.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *