Cara Mengatasi Kebakaran Lahan Gambut

Cara Mengatasi Kebakaran Lahan Gambut – Lahan gambut jika dipahami memang susah sekali terbakar.

Ini dikarenakan sifat gambut sendiri yang hampir sama dengan spons. Yaitu menyerap air hingga ke dalam-dalam, dan gambut pun dapat menyerap air dengan maksimal. Pasti kita akan sama berfikir bahwa memang lahan gambut sulit sekali terbakar.

Namun ternyata akibat cuaca yang terlalu panas, lahan gambut mudah sekali terbakar. Ini dikarenakan, kita tidak mengetahui, dibawah lahan gambut terdapat mineral apa saja, yang mungkin dapat menjadi bahan bakar ataupun menyebabkan lahan gambut terbakar.

gambut1

Cara-cara agar tidak terjadi kebakaran lahan gambut yang besar adalah:

  • Jangan membakar sampah atau sesuatu di sekitar lahan gambut.
  • Memasang tanda larangan membakar sampah di lahan gambut.
  • Bersihkan lahan gambut jika sudah mongering.
  • Tanamilah lahan gambut dengan tanaman yang cocok. Seperti nanas ataupun kelapa sawit. Kedua tanaman ini memang cocok sekali di tanam di lahan gambut.

Langkah-langkah memadamkan kebakaran lahan gambut adalah:

  1. Cari titik api dimana lahan gambut tersebut terbakar.
  2. Usahakan bekerja sama dengan pemerintah setempat. Dikarenakan akan menjamin peralatan yang di miliki, dan pasti pemerintah akan mendatangkan bala bantuan yang lebih banyak.
  3. Sediakan air, beserta selang yang besar.
  4. Arahkan pemadaman kea rah titik api. Hal ini perlu di lakukan dengan hati-hati. Karena salah-salah malah api menjadi besar.
  5. Semprotkan ke pusat titik api yaitu di arahkan ke bawah, hal ini bertujuan agar air akan merembes langsung dan akan mengurangi api tersebut.

Kebakaran lahan gambut di Indonesia memang sudah seperti langganan. Luasnya lahan gambut di Indonesia namun kurangnya perhatian khusus menyebabkan lahan terbengkalai dan terbakar. Padahal asap ini nanti juga akan merepotkan kita sendiri. Kita memang tidak bisa mencari penyebab kebakaran hutan secara rinci. Namun bukankah lebih baik kita menjaga lahan gambut. Jika ingin memperluas lahan, gunakan cara yang aman, jangan membakar hutan, dikarenakan jika apinya merembet, salah-salah pemukiman penduduk juga akan ikut terbakar.

 

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *