Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas

Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas – Pernahkah anda mengalami laptop yang panas dengan suhu yang dirasa mengkhawatirkan? Tidak usah terlalu panic.

Laptop panas bisa disebabkan banyak hal seperti terlalu lama dinyalakan,membuka web yang terlalu berat sehingga memaksa laptop bekerja ekstra,hingga adanya kerusakan bawaan pada laptop anda.

laptop

Berikut ini adalah cara-cara sederhana yang bisa memabntu anda dalam mengatasi laptop yang mudah panas.

Memakai cooling pad

Cooling pad memang telah menjadi pilihan umum masyarakat untuk mendinginkan laptop. Namun hal itu dirasa kurang melihat kemampuan cooling pad yang hanya menurukan 1 sampai 5 derajat saja suhunya.

Membersihkan kipas atau heatsink

Laptop panas bisa jadi disebabkan oleh kipas yang berdebu dan kotor. Kotoran yang menumpuk bisa menurunkan daya kerja dari kipas yang berfungsi menjaga suhu laptop tetap normal.

Bersihkan kipasnya 3-4 minggu sekali dengan pelumas khusus agar kipas bisa bekerja maksimal

Mengganti Thermal Paste CPU

Thermal paste berfungsi untuk penghantar  panas pada CPU dan prosesor. Bila Thermal paste telah mengeras,disarankan untuk segera menggantinya dengan yang baru supaya tidak membebani laptop anda.

Memilih tempat peletakan laptop secara tepat

Hal paling lumrah dilakukan orang-orang adalah menyalakan laptop dan meletakanya diatas paha,kasur,bantal,ataupun media-media yang tidak tepat.

Meletakan laptop ditempat yang tak tepat dapat memperpendek umur laptop. Selain itu juga dapat membuat laptop cepat panas.

Maka dari itu,disarankan untuk meletakan laptop ditempat yang sesuai seperti meja,lantai,atau kursi supaya laptop tidak menahan panas terlalu besar.

Gunakan pada batas normal

Tips yang terakhir ini adalah yang terpenting. Jangan menyalakan laptop lebih dari 8 jam nonstop. Itu bisa merusak jaringan laptop dan membuatnya mudah panas.

Gunakan laptop 2 sampai 4 jam saja perhari agar kondisi dan suhu laptop dapat tetap stabil dan laptop pun lebih awet.

Baca Artikel Lainnya :

Itulah beberapa tips mengatasi laptop yang mudah panas. Gunakanlah gadget dengan benar dan sesuai batas agar tidak merugikan diri sendiri dan orang lain disekitar kita. Semoga bermanfaat.

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *