Cara Mengatasi Stres saat bekerja

Penyebab stress di tempat kerja memang berbeda-beda. Ada yang dikarenakan menunda pekerjaan sehingga pekerjaan semakin menumpuk, persaingan yang ketata dengan teman kerja, adanya konflik dengan atasan, merasa demotivasi, pertengkaran dengan teman, bosan menjadi karyawan akan tetapi terjebak karena takut keluar dan lain sebagainya.

f 40

Apapun penyebabnya, sebenarnya Anda bisa menghilangkan stress di tempat kerja Anda. Lalu bagaimana caranya?

Berikut adalah beberapa cara dalam mengatasi stress di tempat kerja yang bisa dengan mudah Anda terapkan:

1. Merasa bersyukur

Salah satu hal yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi stess adalah dengan merasa bersyukur. Menurut Robert Emmons salah satu psikolog, rasa syukur dapat meningkatkan sistem kekebalan psikologis Anda sehingga akan kebal terhadap masalah kecil hingga yang besar.

Dengan kata lainnya, pikiran Anda akn mengirimkan sinyal positif yang dapat menjadikan Anda yakin bahwa selalu ada jalan keluar dari setiap masalah yang membuat Anda stress.

2. Mendengarkan musik

Selain itu cara lainnya yang juga bisa Anda lakukan adalah dengan memutar dan mendengarkan musik atau lagu kesukaan Anda. Akan tetapi yang baik adalah pilihlah jenis music yang lembut dan santai. Akan tetapi agar tidak mengganggu rekan kerja lainnya, ada baiknya Anda mendengarkannya melalui headset.

Dengan mendengarkan lagu kesukaan Anda, maka anda akan merasa sedikit rileks dan tenang. Tetapi ingat juga janga terlalu lama dalam mendengarkan music, karena bisa jadi nanti atasan Anda justru menegur Anda.

3. Menghela nafas dalam-dalam

Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa mengatasi stress dengan menghelan nafas dalam-dalam. Cobalah untuk mengehla nafas dengan dalam dan hembuskan melalui mulut Anda. kemudian tutup mata dan coba pusatkan pikiran pada nafas yang Anda buang melalui mulut Anda tersebut.

Lakukanlah selama 2 sampai 5 menit. Dengan melakukan hal ini maka akan membantu meredakan syaraf-syaraf otak Anda yang tegang. Tidak hanya itu saja, aktivitas ini juga dapat meningkatkan fokus Anda terhadap pekerjaan.

4. Istirahat sejenak

Sebenernya stress juga dapat terjadi karena Anda terlalu lelah bekerja. Untuk itu bila Anda telah merasa lelah, maka cobaah untuk menghentikan pekerjaan Anda dan meluangkan waktu untuk istrirahat sejenak.

Anda bisa mencoba untuk mebgobrol dengan teman, atau pergi ke pantry dan membuat secangkir kopi. Luangkan waktu istirahat minimal 5 menit. Bila Anda terlalu banyak duduk saat mengerjakan tugas kantor. Maka cobalah berdiri dan melakukan stretching pada tubuh Anda selama 5 sampai 10 menit.

Baca Artikel Lainnya :

Hal ini tentu untuk mengendurkan kembali otot-otot Anda yang menegang saat bekerja seharian. Bila sudah saatnya jam makan siang, maka segeralah ke kantin dan makan siang, fokuslah untuk makan tanpa memikirkan pekerjaan Anda.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk emngatasi stress saat bekerja. Semoga bermanfaat.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *