Cara Mengatasi Wastafel Yang Mampet

Apa yang akan terjadi jika wastafel di rumah kita mampet? Seberapa banyak aktifitas kita yang akan terganggu karenanya? Walaupun sekedar untuk mencuci tangan atau menggosok gigi, wastafel sudah menjadi bagian dari hidup kita sehari- hari.

Tapi bagaimana jika wastafel itu mendadak mampet dan tidak bisa digunakan? Apa yang harus kita lakukan?

s 157

Terdapat beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mengatasi wastafel yang mampet. Mulai dari cara yang sederhana sampai terdapat pula cara yang mengharuskan kita mengeluarkan sedikit tenaga tambahan. Namun cara- cara tersebut terbukti cukup ampuh untuk menyelesaikan permasalahan wastafel yang mampet.

Dapat dikatakan saluran air pada wastafel adalah saluran yang sangat mudah tersumbat. Apalagi jika letaknya di tempat umum seperti di toilet pusat perbelanjaan atau tempat- tempat umum lainnya.

Pasalnya, benda- benda yang terkadang menyumbat saluran air wastafel adalah benda- benda yang ada disekitarnya. Seperti tissue, gumpalan sabun cuci tangan, pasta gigi ataupun rambut. Dan untuk menyelesaikannya, terkadang hanya diperlukan air panas untuk memecahkan sumbatan disaluran wastafel itu.

Cara menggunakan air panas untuk memecah sumbatan pada saluran air wastafel cukup mudah. Yaitu cukup memasukan air panas tersebut kedalam lubang saluran wastafel. Namun yang perlu diperhatikan lebih lanjut adalah bahan saluran wastafel itu sendiri.

Jika saluran wastafel mampet itu terbuat dari logam, maka penggunaan air panas bisa dilakukan. Tapi jika saluran wastafel terbuat dari PVC, lebih baik gunakan cara lain. Karena penggunaan air panas dikhawatirkan akan merusak PVC tersebut dan mengakibatkan kerusakan yang lebih parah.

Jika khawatir air panas dapat merusak saluran air pada wastafel rusak, maka kita bisa menggunakan cara lain. yaitu dengan menggunakan plunger atau tongkat penyedot khusus untuk wastafel.

Bentuk dan cara penggunaannya hampir sama dengan alat penyedot toilet, hanya saja bentuk plunger lebih kecil karena menyesuaikan dengan lubang pada wastafel yang tidak sebesar lubang toilet. Cara ini termasuk cara yang aman walaupun untuk menggunakannya harus mengeluarkan sedikit tenaga tambahan.

Jika wastafel memiliki saluran yang terbuat dari logam, sebenarnya terdapat cara lain yang bisa kita gunakan. Seperti dengan menggunakan cuka yang kita teteskan kedalam lubang wastafel, tunggu selama 25 menit dan lalu masukan air panas sebagai finishing nya.

Selain menggunakan tetesan air cuka, menggunakan soda api juga merupakan salah satu cara yang paling sering di rekomendasikan walaupun dalam penggunaannya terkadang memerlukan pelengkapan safety standart seperti sarung tangan.

Cara penggunaan soda api untuk mengatasi wastafel yang mampet cukup mudah. Yaitu cukup masukan soda api kedalam saluran wasafel hingga nanti akan terdengar suara gaduh didalam saluran wastafel yang mampet itu.

Baca Artikel Lainnya :

Keluarnya suara gaduh dari dalam saluran itu merupakan salah satu tanda soda api sedang bekerja. Dan jika sudah tidak terdengar suara gaduh lagi, selanjutnya masukan air bersih untuk membersihkan kotoran didalam saluran wastafel tersebut.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi wastafel yang mampet. Semoga bermanfaat.

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *