Cara mengembalikan Stamina Yang Hilang Saat Berpuasa

Puasa di bulan Ramadhan merupakan sebuah ibadah fardu ‘ain bagi umat muslim, jika tidak menjalankan ibadah puasa maka ia berdosa kepada tuhannya. Oleh sebabnya bila ada yang berhalangan dengan sebab yang dibenarkan dalam syariat Islam, maka ia wajib untuk mengqodo’nya di lain waktu.

Berpuasa merupakan satu ibadah yang dijalankan dengan tanpa makan atau minum atau segala sesuatu dari yang membatalkan puasa, dari terbitnya fajar hingga terbenam matahari.

s 31

Selama berpuasa, tentu stamina tubuh banyak terkuras karena pemasukan energy dalam tubuh tidak ada. Oleh karenanya ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar stamina kembali saat berpuasa, yakni:

  1. Berbuka dengan makanan atau minuman yang manis

Karena puasa yang dilakukan hamper mencapai waktu 14 jam, maka akan membuat kondisi tubuh banyak kehilangan kadar gula darah karena tidak adanya pasokan nutrisi.

Oleh karenanya sebaiknya saat berbuka minum atau makan makanan yang manis terlebih dahulu untuk pasokan nutrisi, tidak usah berlebihan yang penting cukup saja.

Dalam Islam juga mengajarkan ketika berbuka puasa di sunatkan untuk makan kurma (ta’jil), atau kalau tidak ada minum minuman manis yang menyegarkan atau air putih saja.

  1. Makan secara perlahan dan bertahap

Saluran pencernaan tidak akan sanggup beradaptasi jika harus tiba-tiba mencerna banyak makanan saat berbuka puasa, setelah sebelumnya pencernaan kosong selama 13 jam. Oleh karenanya, ketika berbuka puasa sebaiknya jangan langsung makan makanan yang berat dahulu.

Saat berbuka puasa sebaiknya makan atau minum yang ringan dulu (tajil), kemudian setelah sholat maghrib baru makan makanan berat. Hal ini juga harus diperhatikan, sebaiknya jangan makan makanan berat terlalu banyak namun juga dilakukan secara perlahan/sedikit demi sedikit.

  1. Pilih menu makanan seimbang

Tubuh memerlukan gizi yang seimbang, seperti terdiri dari makro nutrien (lemak, protein, dan karbohidrat) dan juga mikronutrien (vitamin dan mineral).Oleh karenanya pilih menu seimbang saat berbuka puasa, dengan porsi 50% – 60% karbohoidrat, 20% – 30% lemak, dan 10% – 15 % protein.

Baca Artikel Lainnya :

Selain itu perbanyak pula mengkonsumsi serat, vitamin, dan juga mineral agar stamina tubuh tetap terjaga saat berpuasa dan jangan lupa minum air putih yang banyak untuk menjaga cairan tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *